logo

Kampus

Seleksi Rektor UGM, dari Delapan Pendaftar Tujuh Orang Dinyatakan Lolos

Seleksi Rektor UGM, dari Delapan Pendaftar Tujuh Orang Dinyatakan Lolos
Suasana jumpa pers yang diadakan panitia seleksi dan pemilihan Rektor UGM periode 2022-2027, Rabu (16/3/2022). Dari delapan pendaftar, satu nama dinyatakan gugur. (EDUWARA/Humas UGM)
Setyono, Kampus16 Maret, 2022 22:47 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Panitia kerja seleksi calon Rektor dan pemilihan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta 2022-2027, mencoret satu nama dari delapan orang pendaftar. Tujuh orang dari kalangan akademisi, satu orang dari birokrat.

Dalam jumpa pers yang digelar Rabu (16/3/2022) siang, Ketua Panitia Subagus Wahyuono memaparkan kedelapan nama ini memasukkan berkas pendaftaran yang dibuka pada 24 Januari sampai ditutup 9 Februari 2022.

"Kesemuanya mendaftar secara daring dan memenuhi syarat minimal pendidikan serta pengalaman kerja," jelasnya.  

Subagus menjelaskan kedelapan pendaftar telah diberi kesempatan melengkapi dan menyempurnakan dokumen administrasi sebagaimana menjadi persyaratan dalam tahap pendaftaran.

"Hingga batas waktu yang dimaksud, tujuh pendaftar berhasil melengkapi dan menyempurnakan keseluruhan persyaratan administrasi. Satu pendaftar gugur karena tidak melengkapi keseluruhan administrasi. Ia hanya mengisi formulir," sambungnya.

Berdasarkan hasil rapat panitia kerja, ketujuh orang yang dinyatakan lolos ke tahap seleksi administrasi pada 24 Maret 2022 yaitu Ali Agus, Bambang Agus Kironoto, Deendarlianto, Irawadi, Ova Emilia, Sigit Riyanto, dan terakhir Teguh Budipitojo.

Pemeriksaan kelengkapan dokumen dan memverifikasi keabsahan dokumen para pendaftar akan dilaksanakan hingga 6 April 2022. Hasil seleksi dipublikasikan sebagai bentuk transparansi. Khalayak juga bisa menyampaikan masukkan forum aspirasi pada 18 sampai 29 April 2022.

Sekretaris I Panitia Kerja Sulistiowati mengatakan dari ketujuh pendaftar, satu orang bukan merupakan akademisi UGM, yakni Irawadi.

"Beliau merupakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banyumas yang baru dilantik 3 Februari 2022. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas," katanya.

Selain birokrat, Irawadi juga dosen di Universitas Wijayakusuma Purwokerto (Unwiku). Jika nanti terpilih, Irawadi harus mundur sebagai pekerjaanya sekarang.

Sesuai jadwal, usai pendaftaran, panitia kerja seleksi calon Rektor dan pemilihan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta 2022-2027 akan melaksanakan proses Seleksi Administrasi pada 24 Maret – 6 April 2022.

Kemudian menyelenggarakan Forum Aspirasi (18-29 April 2022), dilanjutkan Seleksi oleh Senat Akademik (9-13 Mei 2022). Pemilihan dan penetapan Rektor oleh Majelis Wali Amanat pada 17-20 Mei 2022. 

Read Next