logo

Kampus

Senat Akademik Tetapkan Tiga Calon Rektor UGM

Senat Akademik Tetapkan Tiga Calon Rektor UGM
Panitia Seleksi Rektor UGM 2022-2027, Kamis (12/5/2022), memaparkan hasil Rapat Pleno Senat Akademik (SA) yang telah menetapkan tiga dari enam calon rektor untuk dipilih MWA sebagai Rektor UGM periode 2022-2027 pada 20 Mei mendatang. (EDUWARA/Setyono)
Setyono, Kampus12 Mei, 2022 19:15 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Rapat Pleno Senat Akademik (SA) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang diikuti 80 anggota telah memilih tiga dari enam Calon Rektor periode 2022-2027. Ketiga calon terseleksi ini selanjutnya akan dipilih dan ditetapkan sebagai Rektor UGM periode 2022-2027 oleh Majelis Wali Amanat (MWA) pada 20 Mei 2022.

Rapat pleno yang digelar di Grha Sabha Pramana, Kamis (12/5/2022), dipimpin Ketua Senat Akademik Sulistiowati, didampingi Sekretaris Senat Akademik Endy Suwondo dan Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Suratman.

Rapat ini dihadiri langsung enam bakal calon rektor yaitu Ali Agus dari Fakultas Peternakan, Bambang Agus Kironoto (Fakultas Teknik), Deendarlianto (Fakultas Teknik), Ova Emilia (Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat), Sigit Riyanto (Fakultas Hukum), dan Teguh Budipitojo (Fakultas Kedokteran Hewan).

"Ketiga nama yang terpilih yaitu Bambang Agus Kironoto, Deendarlianto dan Ova Emilia,' kata Suratman saat jumpa pers, Kamis (12/5/2022).

Dalam rapat pleno, SA menghadirkan tim panelis yang terdiri dari Sekretaris MWA Subagus Wahyuono, Ketua SA Sulistiowati, Ketua Dewan Guru Besar (DGB) Mochammad Maksum, Rektor UGM Periode 2002-2007 Sofian Effendi dan Rektor UGM Periode 2014-2017 Dwikorita Karnawati.

"Semua bakal calon Rektor tadi wajib menyampaikan program kerja, arah atau tujuan sesuai kebijakan umum UGM serta strategi pencapaiannya di hadapan panelis dan anggota Senat Akademik UGM," kata Suratman.

Setelah proses pemaparan dan tanya jawab dengan panelis, kemudian dilakukan proses penilaian oleh semua anggota Senat Akademik yang hadir secara langsung.

Lima Kriteria

Adapun penilaian Calon Rektor UGM periode 2022-2027 dilakukan secara digital berdasarkan lima kriteria sebagaimana diatur dalam Pasal 16 Peraturan MWA Nomor 3 Tahun 2016.

"Alhamdulillah acara Rapat Pleno berlangsung lancar mulai dari pengambilan undian oleh bakal calon rektor, presentasi, tanya jawab dan penilaian oleh anggota Senat Akademik," papar Suratman.

Ia menambahkan tiga calon rektor terseleksi ini nantinya akan diserahkan kepada pimpinan MWA dan akan dilakukan pemilihan dan penetapan pada 20 Mei 2022.

Selama proses seleksi calon Rektor, telah dilakukan beberapa rangkaian kegiatan seperti Sarasehan Nyawiji Menuju UGM-1 dan Forum Penjaringan Aspirasi Publik.

Ketua Senat Akademik Sulistiowati menambahkan, lima kriteria penilaian yang dijadikan dasar yaitu komitmen mengembangkan nilai-nilai dan jati diri UGM, kemampuan menjaga keberlanjutan dan keutuhan UGM, integritas, kepemimpinan manajerial dan pengetahuan luas mengenai pendidikan tinggi.

"Dari lima kriteria ini, dari seluruh bakal calon Rektor tadi, tiga di antaranya nilainya di atas 6.600. Jadi, tiga itu diseleksi, diperoleh nilai berdasarkan paparan program kerja lima tahun ke depan, kemudian arah tujuan sesuai dengan kebijakan umum UGM dan arah pencapaiannya," tutur Sulistiowati.

Read Next