logo

Kampus

Setahun Hasilkan Sekitar 1.000 Hak Cipta, UMY Raih Penghargaan

Setahun Hasilkan Sekitar 1.000 Hak Cipta, UMY Raih Penghargaan
Gedung Riset dan Inovasi UMY, Dasron Hamid Research and Innovation Center (DHRIC). (UMY)
Setyono, Kampus25 November, 2022 16:03 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ( UMY) meraih penghargaan  dari Kementerian Hukum dan HAM atas derasnya inovasi dari dosen dan mahasiswa kampus tersebut.

Kepala Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dyah Mutiarin menyatakan selama setahun pihaknya telah mendapatkan hak cipta atas lebih dari 1.000 inovasi dari dosen dan mahasiswa.

Capaian ini menjadikan UMY sebagai penerima penghargaan kategori perguruan tinggi dengan jumlah permohonan pencatatan ciptaan TOP 10 tertinggi di Indonesia tahun 2022 oleh Kementerian Hukum dan HAM.

"Penghargaan ini kami terima pada Senin (21/11/2022) di Jakarta langsung Menkumham Yasonna H.Laoly oleh Kepala Divisi Inovasi, Lembaga Inovasi dan Riset UMY, Agus Jamal," kata Dyah dalam rilis, Kamis (24/11/2022).

Dyah melanjutkan, penghargaan sangat penting untuk mendorong kemajuan kekayaan intelektual. 

"Apresiasi ini sangat penting sekali untuk meningkatkan kreatifitas juga mendorong sebuah kemajuan bagi kekayaan intelektual yang nantinya juga memberikan dampak yang baik bagi kemajuan bangsa harapannya," ucapnya. 

Kepala LRI yang akrab disapa Arin ini menjelaskan jika penghargaan ini menilai tingginya hak cipta yang dihasilkan oleh dosen atau mahasiswa. 

Ia juga menjelaskan jika UMY sendiri telah memiliki lebih dari seribu hak cipta di tahun 2022. Arin juga menegaskan jika pencapaian ini sejalan dengan visi misi UMY yang akan menjadi Research Excellent University.

"Tentu pencapaian ini juga sangat sejalan dengan visi misi UMY yang akan menjadi Research Excellent University. Hal ini karena indikator menjadi Research Excellent University ini adalah jumlah riset yang dilakukan, publikasi riset yang bereputasi internasional maupun nasional, dan juga inovasi, yang mana inovasi ini erat hubungannya dengan kekayaan intelektual," jelasnya. 

Arin juga mengungkapkan jika LRI UMY mendukung penuh civitas akademika UMY untuk mendapatkan hak cipta, hak paten dan juga hak paten sederhana. 

Di samping itu, Arin juga mengatakan jika UMY selalu mendorong dan mendukung penuh bagi civitas akademika dalam mewujudkan suatu inovasi baik di bidang keilmuan maupun teknologi guna menjawab permasalahan yang ada di tengah masyarakat.  

Arin juga berharap dengan adanya pencapaian ini UMY lebih gencar lagi dalam memberikan kontribusi keilmuan dan juga inovasi teknologi. 

"Penghargaan ini hanya sebagian dari banyaknya cambuk semangat bagi UMY untuk terus berkontribusi kepada masyarakat dan terus memberikan inovasi teknologi juga inovasi keilmuan lainnya," jelas Arin. 

Pemberian penghargaan tersebut termasuk dalam rangkaian acara Roving Seminar Kekayaan Intelektual yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkum HAM. 

Read Next