logo

Sekolah Kita

Siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Sabet Juara 3 Lomba Dalang Tingkat Nasional

Siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Sabet Juara 3 Lomba Dalang Tingkat Nasional
Gibran Maheswara Javas Setyawan (dua dari kiri) dalam Festival Dalang Cilik Tingkat Nasional. (EDUWARA/Humas SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo)
Redaksi, Sekolah Kita26 September, 2022 23:45 WIB

Eduwara.com, SOLO – Dalang cilik berusia 11 tahun yang juga siswa kelas 5 C Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Gibran Maheswara Javas Setyawan menyabet juara tiga dalam Festival Dalang Cilik Nasional 2022, Kamis-Sabtu (22-24/9/2022). Festival tersebut diselenggarakan di Plaza Fatahillah Kota Tua, Jakarta.

Gibran yang mewakili Provinsi Jawa Tengah, berhasil mengalahkan 32 kontestan dalang cilik dari berbagai provinsi di Indonesia. Orang tua Gibran, Agus Setyawan mengaku bangga atas prestasi yang diraih anak pertamanya itu. Pasalnya, Festival Dalang Anak tingkat nasional merupakan ajang bergengsi karena peserta berasal dari hampir semua provinsi di Indonesia.

"Ajang ini sangat bergengsi untuk nama daerah, terutama Kabupaten Karanganyar, karena hampir semua provinsi mengirimkan kontestan, terkhusus Gibran, yang sekolah di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo," kata Agus Setyawan dalam siaran pers yang diterima Eduawara.com, Senin (26/9/2022). 

Dalam festival itu, Gibran mementaskan wayang kulit dengan lakon Anoman Obong. Memanfaatkan waktu 45 menit yang diberikan panitia, penampilan Gibran memukau para juri, sehingga dia dinobatkan sebagai Dalang Anak Terbaik untuk usia 8-11 tahun.

Menurut Agus, Gibran mulai menyukai wayang sejak usia 1,5 tahun. Ketika itu, sang ayah mengajak dia menonton pertunjukan wayang kulit di pesta pernikahan. Setiap satu pekan sekali, Gibran belajar mendalang di Sanggar Sarotama pimpinan Mujiyono. Sejak usia tiga setengah tahun hingga sekarang, Gibran masih belajar di sanggar yang berada di Desa Ngringo, Jaten, Karanganyar itu.

Setelah hajatan besar Festival Dalang Anak tingkat nasional, Gibran akan menyapa dan menginspirasi pada acara Bincang Sejiwa episode ke-90. Acara itu diprakarsai oleh Yayasan Semai Jiwa Amini dan akan dilaksanakan 2 Oktober 2022 dengan tajuk Mengenal Dalang Cilik dari SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo.

“Bincang Sejiwa merupakan acara online hangout untuk orang tua, guru, anak, serta anggota masyarakat peduli anak dengan tagline Menguatkan Karakter Luhur pada Anak dan kegiatan National Anti-Fraud Conference (NAFC) 2022 di Kota Solo yang akan digelar pada 3 dan 4 November 2022 yang bertema Mulat Sarira Angrasa Wani,” ujar Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Jatmiko.

Jatmiko melanjutkan, tujuan umum dari program tersebut adalah terciptanya keluarga yang bahagia, anak yang tangguh, mandiri, ceria dan kreatif, serta masyarakat yang mampu saling mendukung dan menumbuhkan.  (K. Setia Widodo/*)

Read Next