logo

Sekolah Kita

Siswa SMPN 4 Yogyakarta Diajak Belajar Bahasa Inggris dengan Quizizz

Siswa SMPN 4 Yogyakarta Diajak Belajar Bahasa Inggris dengan Quizizz
Suasana pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi Quizizz di SMPN 4 Yogyakarta. Aplikasi ini dikembangkan oleh UMBY untuk mempermudah pembelajaran Bahasa Inggris. (EDUWARA/Dok. UMBY)
Setyono, Sekolah Kita31 Agustus, 2022 23:43 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Selama lima hari, mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengajak siswa SMPN 4 Yogyakarta mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris melalui aplikasi Quizizz. 

Ini adalah aplikasi yang dikembangkan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMBY untuk mempermudah pembelajaran Bahasa Inggris.

Proses pembelajaran dengan Quizizz dilakukan oleh Rani Linggar Purga Hardiyanti pada 21 sampai 26 Agustus lalu.

"Quizizz adalah aplikasi game edukasi real time yang memiliki pola pembelajaran interaktif serta memiliki manfaat dapat digunakan bersamaan dengan media pembelajaran dan bahan evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris," kata Rani dalam rilis kepada Eduwara.com, Rabu (31/8/2022).

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memuat berbagai data dan perhitungan statistik kinerja siswa yang hasilnya menggambarkan tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. Ini sebagai bahan evaluasi keberhasilan pembelajaran termasuk evaluasi balik pada metode serta cara pengajaran guru oleh siswa.

Dalam praktiknya, Rani mengatakan pengguna aplikasi ini dibagi dua kelompok yakni Host atau pembuat pertanyaan yang biasanya diisi guru dan pengguna siswa yang bertugas menjawab.

"Di sana para siswa berlomba mengisi jawaban. Ini menumbuhkan kompetisi antar siswa sehingga memungkinkan dilakukan evaluasi pembelajaran di akhir pertemuan yang akan berdampak positif pada pemahaman materi," ungkapnya.

Keberadaan dan penggunaan Quizizz, diharapkan menjadi alat pembelajaran yang menekankan evaluasi diri siswa, manajemen waktu, dan kreativitas. Tingkat partisipatif siswa menghasilkan lingkungan belajar yang menarik dan kreatif.

Lewat Quizizz proses pembelajaran Bahasa Inggris dinilai tepat karena akan mudah untuk memahami kosakata, kalimat dan ungkapan tepat untuk Notice, Caution, Warning serta berbagai tanda yang berkaitan dan penyajian dalam gambar.

Guru Bahasa Inggris SMPN 4 Yogyakarta Suroso mengatakan penggunaan Quizizz ini menarik dan mudah dipahami siswa. Ini ditandai antusias siswa sangat tinggi dalam menjawab kuis.

"Media pembelajaran yang digunakan juga inovatif, sehingga memotivasi siswa untuk fokus pada materi ajar yang diberikan," ujarnya

Siswa SMP Negeri 4 Yogyakarta juga memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan Quizizz ini. Mereka menilai pembelajaran ini seru dan menyenangkan. .

"Bisa membuat buat kita mikir cepet gitu, mengasah skill dan kecepatan. Metode ini mudah dipahami dan inovatif," kata siswa yang bernama Dzakirunnisa.

Read Next