logo

Vokasi

SMK Muhammadiyah Kembangkan Lampu Hias Bernuansa Khas Maluku

SMK Muhammadiyah Kembangkan Lampu Hias Bernuansa Khas Maluku
SMK Muhammadiyah Ambon yang semula fokus pada bidang penawaran jasa mengenai kelistrikan, kini berinovasi melahirkan produk dalam bentuk lampu hias. (Ditjen Vokasi Kemendikbudristek)
Bunga NurSY, Vokasi23 Desember, 2021 05:53 WIB

Eduwara.com, AMBON—Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Ambon mengembangkan produk lampu hias dengan ornamen khas Maluku.

Kepala Bidang Keahlian Instalasi Tenaga Kelistrikan SMK Muhammadiyah Ambon mengatakan SMK yang semula fokus pada bidang penawaran jasa mengenai kelistrikan tersebut, kini berinovasi melahirkan produk dalam bentuk lampu hias. 

“Sebelumnya kami memang hanya menawarkan jasa. Akan tetapi, kini sudah mulai berinovasi melahirkan produk. Maka dari itu, kami menerapkannya pada lampu hias dan dipamerkan pada acara puncak GBBI Aroma Maluku,” ujarnya seperti dikutip dari situs resmi Ditjen Vokasi Kemendikbudristek, Rabu (22/12/2021).

Asrul menambahkan, yang membedakan lampu hias besutan SMK Muhammadiyah Ambon dengan lampu hias pada umumnya adalah kreativitas peserta didik, terutama pada motif yang diberi sentuhan nuansa daerah Maluku. “Tentunya, produk ini akan terus kami kembangkan agar dapat diproduksi massal dan bisa dihilirisasi ke masyarakat,” ujarnya.

Senada, Sekretaris Bidang Keahlian Instalasi Tenaga Kelistrikan SMK Muhammadiyah Rismawati menegaskan, pihaknya kini berinovasi melahirkan produk. Maka dari itu, “link and match” yang telah dibangun dengan berbagai industri maupun asosiasi setempat terus diperluas guna mengembangkan produksi lampu tersebut.

Link and match dengan industri itu sudah dilakukan, salah satunya yaitu bekerja sama dengan PLN [Perusahaan Listrik Negara] dan berbagai asosiasi. Kami terus perluas untuk menawarkan produk lampu ini agar dapat terus berkembang dan diproduksi massal,” jelas Rismawati.

Ke depan, Rismawati menegaskan produk lampu hias yang dibuat menggunakan alat listrik gerinda mini tersebut akan dipasarkan melalui platform e-commerce berbekal pelatihan digital marketing yang diperolehnya melalui rangkaian kegiatan SMK Pusat Keunggulan.

Sebagai SMK Pusat Keunggulan, tentunya SMK Muhammadiyah Ambon berkomitmen untuk melakukan terobosan baru, khususnya inovasi-inovasi serta pembelajaran berbasis proyek guna menghasilkan lulusan yang kompeten dan mampu berdaya saing global.

Melalui project based learning (PBL) yang diterapkan dengan melahirkan berbagai inovasi terbaru, Kepala SMK Muhammadiyah Ambon Hajar Toekan menyampaikan harapnnya agar SMK tersebut dapat melahirkan lulusan yang kompeten. 

“Harapannya, semoga SMK Muhammadiyah Ambon dapat melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas, yang mampu bersaing di dunia kerja sesuai dengan harapan kita,” jelasnya.

Hajar pun berpesan agar seluruh peserta didik dapat terus menghidupkan semangat, sebagaimana mereka menjadi generasi yang kuat dan terpilih karena berada dalam situasi pandemik yang tetap mampu menghasilkan karya dan inovasinya.

Read Next