logo

Sekolah Kita

SMP Muhammadiyah 7 Solo Gelar Turnamen Futsal Majuska Cup

SMP Muhammadiyah 7 Solo Gelar Turnamen Futsal Majuska Cup
Pertandingan babak final Futsal Majuska Cup yang diselenggarakan SMP Muhammadiyah 7 Solo antara SD Birrul Walidain Muh Sragen versus MI Muh Karanganyar, Minggu (20/3/2022). (Eduwara/M.Diky Praditia)
M. Diky Praditia, Sekolah Kita21 Maret, 2022 06:15 WIB

Eduwara.com, SOLO – SMP Muhammadiyah (Muh) 7 Solo menyelenggarakan turnamen Futsal Majuska Cup untuk SD se- Solo raya, Minggu (20/3/2022). Sedikitnya 32 sekolah ikut memeriahkan kompetisi yang dihelat di lapangan Futsal SMP Muh 7 itu.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) bidang Humas Sri Mulyono mengatakan, Futsal Majuska Cup merupakan acara tahunan yang sudah diselenggarakan sebanyak lima kali. Setiap tahun tahun jumlah peserta mengalami peningkatan.

“Ini turnamen Majuska Cup yang kelima. Semua berjalan dengan lancar. Hari ini pertandingan terakhir, babak final” ujar Sri Mulyono saat diwawancarai Eduwara selesai acara penyerahan piala penghargaan bagi pemenang lomba.

Sebenarnya, dia menambahkan, turnamen ini sudah dimulai awal tahun, Januari 2022. Namun sempat terhenti karena pandemi Covid-19 kala itu sedang naik. Kemudian baru dilanjutkan Sabtu-Minggu (19/3/2022). “Kami padatkan jadwalnya menjadi empat pertemuan. Januari lalu dan dua hari terakhir ini,” ucap dia.

Sri Mulyono yang juga pengampu mata pelajaran olahraga itu menuturkan animo peserta turnamen sangat tinggi, terbukti dari keikutsertaan beberapa SD di eks karesidenan Solo kecuali Wonogiri.

“Peserta turnamen tidak hanya dari sekolah Muhammadiyah. Melainkan juga sekolah-sekolah umum lainnya. Memang pada penyelenggaraan turnamen ketiga dan keempat hanya diperuntukkan untuk SD Muhammadiyah, tapi melihat antusiasme yang tinggi, kita buka untuk sekolah lain juga,” beber Sri Mulyono.

Turnamen ini, menurut dia, sebagai wadah bagi anak-anak yang memiliki bakat olahraga khususnya futsal. Juga sekaligus melatih kedisiplinan siswa melalui olahraga. Terlebih kondisi sepakbola Indonesia saat ini sedang mengalami penurunan kualitas.

Selain itu, ajang ini sebagai sarana memperkenalkan SMP Muh 7 Solo kepada anak-anak SD di Soloraya. Sebab sekolah tersebut juga sering mendapatkan prestasi di ajang kejuaraan olahraga. 

Dalam turnamen ini, SD Birrul Walidain Muh Sragen berhasil menjadi juara I setelah memaksa MI Muh Karanganyar menjadi juara II dengan skor akhir 3-1 di babak final. Sedangkan juara III bersama diraih oleh SD Diponegoro Solo dan SDIT Walisongo Sragen.

Sementara itu, top skor Futsal Majuska Cup Adam Rido Ardianto mengaku dirinya sudah mempersiapkan turnamen ini sejak jauh-jauh hari. Ia berhasil menyarangkan total 8 gol ke gawang lawan.  

“Kunci berjuang dan ikuti arahan dari pelatih biar tetap kompak dan bisa memenangkan pertandingan,” kata Adam saat ditanya strategi kemenangan timnya. 

Read Next