logo

Sekolah Kita

SMPIT Al Marwat Cirebon Unggulkan Bahasa

SMPIT Al Marwat Cirebon Unggulkan Bahasa
Findy Meutya Faradilla, peraih juara pertama dalam kategori lomba storytelling. (EDUWARA/Istimewa)
Fathul Muin, Sekolah Kita26 Maret, 2022 20:16 WIB

Eduwara.com, CIREBON — SMP Islam Terpadu (IT) Al Marwat Lemahabang, Kabupaten Cirebon telah menasbihkan diri menjadi sekolah yang unggul dari sisi bahasa dengan salah satu indikator seringnya mendapat raihan prestasi di bidang bahasa. 

Kepala SMPIT Al Marwat, Cirebon, Didin Syamsudin, mengatakan impiannya agar sekolah berbasis pondok pesantren ini ada program unggulan selain Tahfidz Al Quran.

"Karena dengan menguasai bahasa dunia (Inggris dan Arab) saya berharap anak-anak bisa menaklukkan dunia. Di sini kami punya slogan: ‘SMPIT Al Marwat Sekolahnya Calon Pemimpin Dunia’," ungkap Didin dalam keterangan resminya, Jumat (25/3/2022). 

Contoh raihan prestasi SMPIT Al Marwat, baru-baru ini memenangi juara 2 lomba berpidato bahasa Inggris (English Speech Contest) dan juara 1 lomba membawakan cerita bahasa Inggris (English Storytelling Contest) pada Rabu (23/3/2022). 

Lomba Bahasa Inggris ini diadakan oleh SMK Bina Warga Lemahabang dan bekerja sama dengan LEC Solo dengan tema "Encouraging Students Motivation in Practicing English during the Pandemic". 

Lomba yang diadakan pada pagi hingga siang hari di SMK Bina Warga ini diikuti oleh para peserta didik SMP/MTs sederajat dari wilayah Cirebon Timur. 

Findy Meutya Faradilla, peraih juara pertama dalam kategori lomba story telling membawakan cerita The Little Mermaid asal Denmark karya Hans Christian Andersen. Peraih juara dua, Meisa Tri Hamdayani, membawakan pidato bertema pendidikan yang menekankan pentingnya semangat literasi bagi para pelajar.

Sebelumnya, SMPIT Marwat juga sering mendapat raihan kemenangan. Meisa juga pernah memenangi (juara 1) pidato bahasa Arab tingkat kabupaten Cirebon, serta juara favorit pidato bahasa Arab tingkat nasional. 

"Berbagai raihan tersebut sebagai bentuk implementasi dari program unggulan ini (bahasa) yang sukses dilaksanakan," kata Didin. 

Untuk menunjang program unggulan tersebut, SMPIT Al Marwat juga telah memiliki laboratorium bahasa dengan segala kelengkapan yang dibutuhkan. 

Jelang penutupan pendaftaran gelombang pertama, SMPIT Al Marwat mengajak calon siswa yang ingin berprestasi di bidang bahasa maupun bidang lainnya untuk bersekolah di sini.

"Selain menerapkan pendidikan bahasa, kami juga menerapkan pendidikan karakter untuk menunjang minat dan bakat setiap peserta didik agar mampu mengembangkan minat bakatnya," tukasnya.

Read Next