logo

Beasiswa

Sudah Dibuka, Pendaftaran The Chinese Government Scholarship-AUN Program

Sudah Dibuka, Pendaftaran The Chinese Government Scholarship-AUN Program
The Chinese Government Scholarship-AUN Program. (EDUWARA/Instagram Diktiristek)
Redaksi, Beasiswa18 Januari, 2023 19:28 WIB

Eduwara.com, SOLO – Pendaftaran The Chinese Government Scholarship-AUN Program dibuka hingga 12 Februari 2023. Program tersebut merupakan program beasiswa penuh yang diadakan Kementerian Pendidikan Republik Rakyat Tiongkok untuk Jaringan Universitas ASEAN (AUN). Program tersebut bertujuan mendukung siswa, guru, dan cendekiawan dari negara-negara ASEAN untuk belajar di Tiongkok.

Melansir situs resminya, program beasiswa tersebut memberikan beasiswa penuh yang mencakup biaya kuliah, akomodasi, uang saku, dan asuransi kesehatan komprehensif. Beasiswa hanya mendukung mahasiswa pascasarjana baik program Magister dalam waktu tidak lebih dari 3 tahun dan Doktoral dalam waktu tidak lebih dari 4 tahun.

Syarat bagi pendaftar beasiswa ialah warga negara dari negara anggota ASEAN (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam) dan dalam keadaan sehat. Usia pendaftar program magister di bawah 35 tahun, sedangkan pelamar doktoral di bawah 40 tahun.

Pendaftar beasiswa memiliki kemahiran bahasa Mandarin HSK Level 4 untuk pengajaran magister atau doktoral dengan berbahasa Mandarin. Kemudian, memiliki IELTS atau TOEFL untuk program magister atau doktoral yang diajarkan dengan bahasa Inggris. Selain itu, pendaftar beasiswa juga memenuhi persyaratan masuk perguruan tinggi dengan kemampuan akademik, kemampuan bahasa, dan kriteria lain yang relevan.

Benefit yang akan diterima oleh pelamar beasiswa berupa tunjangan biaya kuliah secara penuh mencakup biaya selama pendidikan, biaya administrasi, dan biaya yang mendukung kegiatan kemahasiswaan.

Kemudian biaya akomodasi apabila pihak universitas memperbolehkan mahasiswanya tinggal di luar kampus yakni sebesar CNY 700 per bulan untuk mahasiswa magister dan CNY 1000 per bulan untuk doktoral.

Mahaiswa penerima beasiswa juga akan menerima uang saku dari universitas tuan rumah setiap bulan. Bagi mahasiswa magister sebesar CNY 3000 per bulan, sedangkan doktoral sebesar CNY 3.500 per bulannya. Untuk biaya asuransi bagi penerima beasiswa sebesar CNY 800.

Informasi lebih lanjut mengenai daftar universitas, program studi, syarat lengkap, berkas yang diperlukan, prosedur pendaftaran, laman pendaftaran, dan ketentuan lainnya bisa dilihat melalui laman resmi The Chinese Government Scholarship-AUN Program. (K. Setia Widodo)

Read Next