logo

Kampus

UMY Hadirkan Dua Prodi Terakreditasi di Fakultas Kedokteran Gigi

UMY Hadirkan Dua Prodi Terakreditasi di Fakultas Kedokteran Gigi
MY Hadirkan Dua Prodi Terakreditasi di Fakultas Kedokteran Gigi (UMY)
Setyono, Kampus18 Januari, 2023 16:35 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) resmi memiliki Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) yang disetujui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek). FKG ini memiliki dua program studi yang sudah terakreditasi.

Rektor UMY Gunawan Budiyanto menyatakan pendirian FKG sesuai dengan Rencana Strategis UMY tahun 2020-2025.

"Setelah mendapatkan pengesahan dari Senat Universitas, Surat Keputusan Rektor UMY dikeluarkan sebagai SK pendirian FKG dengan nomor 1308/KEP-UMY/XI/2022 dan telah diterbitkan pada 25 November 2022," jelas Gunawan.

Baginya kehadiran FKG berkat kerjasama dan support system yang bagus. Kehadiran fakultas ini perlu didorong dengan sinergi, tata kerjasama yang baik juga support system yang baik.

"Saya yakin FKG ini mampu bersaing dengan FKG perguruan tinggi terbaik di luar sana. Fakultas ini menghadirkan dua jurusan yaitu Program Studi Kedokteran Gigi dan Program Profesi Kedokteran Gigi," tegasnya.

Gunawan menyampaikan pada akhir 2022 kemarin, 7 program studi kesehatan di UMY juga sudah terakreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Edwyn Saleh menyebut kehadiran fakultasnya ini dibarengi dengan tantangan dan amanah yang sudah lama diusung oleh UMY.

"Saya sudah memiliki semangat membangun FKG sejak bergabung di UMY pada 2003. 18 Tahun berdiri, saya diamanahi menjadi dekan FKG," lanjutnya.

FKG UMY sendiri memiliki dua program studi yaitu Program Studi Kedokteran Gigi dan Program Profesi Kedokteran Gigi yang keduanya sama-sama memiliki akreditasi unggul. Edwyn menegaskan jika ia berkomitmen untuk membangun FKG yang mampu bersaing dengan FKG perguruan tinggi lainnya.

"Program studi di FKG ini sudah memiliki predikat unggul, tetapi predikat unggul saja tidak cukup. Kami berkomitmen akan membawa FKG mampu bersaing dengan FKG perguruan tinggi lainnya," paparnya.

Edwyn juga mengatakan jika pada dua tahun pertama untuk memperkenalkan FKG UMY di kancah nasional, akan dilakukan dengan branding yang unggul, berprestasi dan mampu bersaing secara global.

 

Read Next