logo

Kampus

Tampil Terbaik, UMY Sabet Gelar Ganda di Scientific Fair #12 2023

Tampil Terbaik, UMY Sabet Gelar Ganda di Scientific Fair #12 2023
Tiga mahasiswa Prodi Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil menjadi yang terbaik dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional UNY Scientific Fair #12 2023 pada akhir pekan lalu. Mereka berhasil meraih predikat Juara I dan Best Presentation, serta berhak membawa pulang hadiah uang tunai total Rp 2.800.000. (EDUWARA/Dok. UMY)
Setyono, Kampus24 Mei, 2023 20:02 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Tiga mahasiswa program studi (prodi) Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil menjadi yang terbaik dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ‘Scientific Fair #12 2023’ pada akhir pekan lalu. 

Karya tulis ilmiah ketiga mahasiswa tersebut diterbitkan dalam Jurnal Ilmiah Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (JIPPM UNY). Karya tulis ini mengantarkan mereka meraih predikat Juara 1 dan Best Presentation. Tak hanya itu, mereka juga berhak membawa pulang hadiah uang tunai total Rp 2.800.000.

Tim terbaik ini beranggotakan Rino Rian Sika dan Alaufi Rizki Ramadhan yang berasal dari prodi Vokasi UMY D4 Teknologi Rekayasa Otomotif dan Muhammad Amar Haikal Mufti dari D3 Teknologi Elektromedisa.

Mewakili timnya, Rino Rian Sika mengatakan dalam ajang tersebut mereka membawakan tulisan ilmiah berjudul 'Sistem Penyiraman Otomatis Pada Lahan Tanaman Terong Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Menggunakan Sensor Soil Moisture'.

"Selain penghargaan, sertifikat, dan medali, kami mendapatkan harian uang bimbingan sebesar Rp 2.500.000 untuk Juara 1 dan Rp 300.000 untuk Best Presentation," kata Rino, Rabu (24/5/2023).

Menjadi lomba pertama yang mereka ikuti, Rino memposisikan kemenangan ini menjadi pengalaman yang bermanfaat dan penting.

"Kesulitan atau kendala pasti ada. Namun, kami berusaha untuk mengatasinya dan alhamdulillah, berakhir dengan meraih penghargaan yang sebenarnya tidak kami prediksi di awal perlombaan," tambah anggota lainnya, Alaufi Rizki Ramadhan.

Motivasi dan Kemauan Kuat

Dosen pembimbing, Rinasa Agistya Anugrah, menyampaikan banyak persiapan yang telah dilakukan bersama mahasiswa bimbingannya sehingga mendapat kemenangan.

"Sulit atau tidaknya tergantung dari motivasi dan kemauan mahasiswa yang kuat untuk menang, dan kami latihan di luar jam kerja dan lokasinya di rumah saya," jelasnya.

Rinasa menceritakan bagaimana sempitnya waktu yang dimiliki dirinya untuk mempersiapkan tim ini tampil di lomba yang diselenggarakan pada Jumat (19/5/2023).

Jadwal latihan mempresentasikan hasil penelitian berlangsung dua hari. Sedangkan untuk pembuatan paper, ia mengaku hanya mengagendakan pertemuan lebih dari tiga kali.

"Sebelum mengirimkan hasil penulisan, saya pastikan betul sudah bagus baru mengirimkannya. Dan alhamdulillah hasilnya tidak mengkhianati usaha kami, di mana tim ini memenangkan Peringkat 1 dan Best Presentation," paparnya.

Bertema 'Implementasi Peran Mahasiswa Terhadap Relevansi Pendidikan di era Disrupsi Teknologi dalam Menyongsong Revolusi Industri 5.0', kegiatan ini merupakan kompetisi bagi mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk menunjukkan karya tulis ilmiah terbaik mereka.

Lomba ini bertujuan untuk mendorong dan mengembangkan minat serta bakat penulisan ilmiah, sekaligus memberikan wadah bagi mahasiswa untuk berbagi pengetahuan dan informasi dalam berbagai bidang ilmu.

Karya tulis ilmiah dari berbagai disiplin ilmu dapat dilombakan, dan peserta diharapkan menghasilkan solusi inovatif untuk menyelesaikan permasalahan yang relevan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Read Next