logo

Kampus

UII Selenggarakan Kick-Off Figur Inspirasi Lokal

UII Selenggarakan Kick-Off Figur Inspirasi Lokal
Tangkapan layar Kick-Off Program Figur Inspirasi Lokal (FIL) 2023 yang diselenggarakan secara hybrid oleh Inkubasi Bisnis & Inovasi Bersama (IBISMA) Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh (DPPK/ST) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) di Gedung Simpul Tumbuh UII, Rabu (17/5/2023). (EDUWARA/K. Setyono)
Setyono, Kampus18 Mei, 2023 23:59 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Inkubasi Bisnis & Inovasi Bersama (IBISMA) Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh (DPPK/ST) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), menggelar Kick-Off Program Figur Inspirasi Lokal (FIL) 2023.

Berlangsung secara hybrid dari Gedung Simpul Tumbuh Universitas Islam Indonesia, acara ini diselenggarakan, Rabu (17/5/2023) dan baru dirilis pada Kamis (18/5/2023).

Direktur Direktorat Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan/ Simpul Tumbuh UII, Arif Wismadi menjelaskan, program Figur Inspiratif Lokal merupakan program pemberdayaan berupa pelatihan kepada sosok inspiratif lokal yang memiliki inisiatif murni untuk memberikan dampak/pengaruh positif bagi masyarakat di lingkungan sekitarnya.

"Program ini bertujuan memberdayakan figur-figur inspiratif lokal menjadi pendamping dan penggerak informal leader pelaku usaha mikro untuk peningkatkan produktivitas," Arif.

Bersama dengan partner mantri Bank BRI, kegiatan ini akan didukung pemberdayaan bisnis BRI, narasumber pelatihan pemberdayaan kepada pelaku usaha mikro.

Peserta dalam program FIL ini terdiri dari tokoh masyarakat, Direktur BUMDes/Pengurus BUMDes, Ketua Klaster/Pengurus Klaster usaha/Pelaku UMKM, pelaku usaha binaan/rekomendasi lembaga/kementerian, dan nasabah BRI/Agen Brilink/Mitra UMI.

Kriteria Peserta

Peserta yang mengikuti program FIL juga memiliki kriteria tersendiri. Beberapa kriterianya adalah memiliki inisiatif murni dan memberikan berdampak positif dalam pemberdayaan kepada pelaku usaha mikro, mampu menginspirasi pelaku usaha mikro dalam pengembangan usaha, dan memiliki karakter baik dan bebas dari kepentingan politik.

"Pelaksanaan Figur Inspiratif Lokal 2023 ini akan diisi berbagai topik pembekalan daring seperti Kepemimpinan Kolaboratif, Keterampilan, Strategi dan Praktek Komunikasi, Konsep & Praktik Membangun Personal Branding, Kewirausahaan Sosial dan Pemasaran Digital," beber dia.

Agenda ini dibuka sekaligus keynote speech oleh Wiryono Raharjo, selaku Wakil Rektor Bidang Kemitraan & Kewirausahaan UII dan Dani Wildan selaku Kepala Divisi Social Entrepreneurship and Incubation Bank BRI.

Seluruh rangkaian Program FIL ini akan diikuti oleh 500 peserta yang berasal dari berbagai kalangan serta terbuka untuk masyarakat umum. Agenda ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif dan kebermanfaatan luas bagi pemberdayaan usaha mikro di Indonesia.

Read Next