logo

Kampus

Tanoto Student Research Award 2022 Usung Tema Kolaborasi Lintas Disiplin

Tanoto Student Research Award 2022 Usung Tema Kolaborasi Lintas Disiplin
Tanoto Student Research Award 2022 Usung Tema Kolaborasi Lintas Disiplin (TSRA)
Redaksi, Kampus21 April, 2022 15:40 WIB

Eduwara.com, SOLO –Institut Teknologi Bandung menjadi tuan rumah Tanoto Student Research Award (TSRA) 2022 yang mengusung tema besar kolaborasi lintas disiplin.

TSRA 2022 adalah program tahunan yang digagas Tanoto Foundation bagi mahasiswa yang berkuliah di Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, dan Universitas Indonesia.

Melansir laman web resmi, TSRA 2022 merupakan kompetisi inovasi mahasiswa untuk menawarkan solusi nyata bagi masyarakat pada kondisi dunia yang semakin menantang dan berubah dengan sangat cepat. 

TSRA 2022 diselenggarakan bersama Institut Teknologi Bandung dalam bentuk kegiatan Interdisciplinary Capstone Design Challenge.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam bentuk kolaborasi multidisiplin. Setiap kelompok akan terdiri atas mahasiswa dari perguruan tinggi dan program studi yang berbeda, serta mencakup gabungan bidan sains, teknologi, seni, sosial, dan humaniora.

Seluruh kelompok diberi tantangan untuk menggabungkan berbagai disiplin ilmu dalam menciptakan suatu solusi untuk menyelesaikan suatu masalah dengan berpikir secara lintas batas. Hasil akhir TSRA 2022 diwujudkan dalam bentuk purwarupa produk inovasi.

Lebih lanjut, seluruh tim berpeluang untuk memperoleh penghargaan tertinggi sesuai dengan capaiannya masing-masing. Penghargaan diberikan berdasarkan penilaian yang dilakukan pada seluruh rangkaian kegiatan meliputi kemampuan soft skill, penilaian proses desain, hingga penilaian purwarupa dan presentasi akhir.

Penilaian dilakukan oleh tim juri terdiri dari tim pembimbing, psikolog dan praktisi/ juri independen. Kemudian penghargaan diberikan dalam tiga kategori yaitu emas (gold), perak (silver), dan perunggu (bronze). Penghargaan diberikan pada setiap individu dalam tim.

Terhitung 21 April 2022 merupakan akhir sosialisasi dan pelaksanaan seleksi masing-masing kampus dan dilanjutkan penyerahan data peserta ICDC 2022 sampai 30 April 2022. Sedangkan pendaftaran IDCV sudah dibuka sejak 14 April hingga 10 Mei 2022.

Terdapat dua agenda dalam TSRA 2022. Pertama, Interdisciplinary Capstone Design Challenge (ICDC) yang merupakan kegiatan utama TSRA 2022. Peserta berjumlah 25 mahasiswa yang berasal dari kelima perguruan tinggi utama, sehingga per perguruan tinggi dibatasi lima peserta. 

Pendaftaran peserta melalui perguruan tinggi masing-masing. Pada kegiatan tersebut, peserta ditantang untuk membangun solusi terhadap tantangan yang diberikan secara interdisciplinary. ICDC meliputi tiga kegiatan yaitu Design Camp 1, Long Distance Collaboration, dan Design Camp 2.

Kedua, Interdisciplinary Design Virtual Course (IDVC) yang merupakan kegiatan kuliah daring terjadwal yang memberikan pengetahuan, wawasan, dan pengalaman bagaimana cara berpikir dan membangun solusi dengan pendekatan interdisciplinary design.

Materi diberikan oleh dosen, peneliti, pakar, dan praktisi yang memiliki rekam jejak kuat di bidangnya masing-masing. Selain wajib bagi seluruh peserta ICDC 2022, kegiatan IDVC terbuka bagi mahasiswa perguruan perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

IDVC berpeluang untuk diakui sebagai kegiatan MBKM tergantung pada pengakuan di perguruan tinggi masing-masing. Kegiatan IDVC diadakan pada bulan Mei–Oktober 2022 setiap Sabtu/Minggu dengan total 12 pertemuan. (K. Setia Widodo)

Read Next