logo

Kampus

Terpilih Jadi Rektor UNS Solo, ini Langkah yang akan Dilakukan Sajidan

Terpilih Jadi Rektor UNS Solo, ini Langkah yang akan Dilakukan Sajidan
Rektor UNS Solo terpilih, Sajidan (kanan) dan Sekretaris MWA, Hasan Fauzi (kiri) dalam jumpa pers penetapan Rektor UNS, Jumat (11/11/2022). (EDUWARA/K. Setia Widodo)
Redaksi, Kampus13 November, 2022 04:18 WIB

Eduwara.com, SOLO – Sajidan resmi terpilih menjadi Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo periode 2023-2028. Dalam jumpa pers, Jumat (11/11/2022), Guru besar Ilmu Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS tersebut menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh anggota Majelis Wali Amanat (MWA) UNS Solo.

“Mudah-mudahan nanti setelah dilantik menjadi Rektor, kami dapat mengemban tugas dengan baik sesuai dengan yang diamanahkan dalam PP Nomor 56 Tahun 2020 tentang Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) UNS dan Peraturan MWA Nomor 04 Tahun 2022 tentang Kebijakan Umum UNS yang nanti akan diterjemahkan dalam rencana pengembangan strategis setiap tahun,” ujar dia.

Setelah dilantik menjadi Rektor periode 2023-2028, Sajidan akan merangkul seluruh pihak dengan karakter pembinaan kolaboratif leadership. Mengingat dalam mengembangkan UNS menjadi world class university, menurut dia, memerlukan dukungan banyak pihak, misalnya dengan merangkul Sumber Daya Manusia (SDM) kampus yang potensial.

Sekarang ini, Sajidan masih menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, Bisnis, dan Informasi. Ke depan, dia akan tetap mengacu Indikator Kinerja Utama (IKU) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Namun di dalam pencapaian IKU, dia akan mengembangkan program prioritas Eduflagship, yakni Education, Finance, Leadership, Asset and Investment, Global Engagement and Branding. Kemudian Service Community, Human Resource, Innovative Research, serta Planning and Development.

“Jadi masing-masing bergerak bersama. Sudah kami buat linieritas antara Eduflagship dan IKU. Itu yang kami ingin laksanakan ke depan,” terang dia.

Lebih lanjut, Sajidan mengaku tidak memprediksi akan terpilih menjadi Rektor UNS. Menurut dia, proses pemilihan merupakan dinamika sehingga dirinya menyiapkan sesuai dengan tahapan yang berlaku, baik dalam persyaratan administrasi, presentasi panel tahap satu dan dua, tanya jawab, dan hasilnya diserahkan kepada Tuhan dan anggota MWA.

Terkait dengan pemilihan Wakil Rektor nantinya, Sekretaris MWA UNS Solo, Hasan Fauzi menuturkan sesuai dengan aturan yang berlaku, hal tersebut merupakan kewenangan Rektor UNS. Namun, MWA UNS selaku organ tertinggi di kampus memberi rekomendasi.

“Hal ini dinyatakan di peraturan MWA, artinya Rektor tidak boleh menyimpang. Dari yang diberikan MWA menjadi dasar untuk Rektor dalam memilih Wakil Rektor sampai ke bawah,” jelas dia. (K. Setia Widodo)

Read Next