logo

Kampus

THE Impact Rankings 2022 Dirilis, UI Nomor Satu di Indonesia

THE Impact Rankings 2022 Dirilis, UI Nomor Satu di Indonesia
Area kampus Universitas Indonesia yang berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat (UI)
Bunga NurSY, Kampus28 April, 2022 13:29 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Lembaga pemeringkatan Times Higher Education (THE)  kembali merilis peringkat kampus dalam THE Impact Rankings 2022 pada Kamis (28/4/2022). 

Dalam situs resminya, tercatat bahwa Western Sydney University di Australia menjadi yang terbaik di level global, sedangkan Universitas Indonesia menjadi nomor satu di Indonesia dengan bertengger di urutan 18 secara global.

THE Impact Rankings sendiri merupakan pemeringkatan berdasarkan capaian perguruan tinggi dalam menerapkan 17 poin Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dari PBB.

Beberapa poin SDGs itu adalah perubahan iklim, kesetaraan gender, sanitasi dan air bersih, penuntasan masalah kelaparan, hingga pola produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab,

Dalam pemeringkatan ini, THE menggunakan indikator yakni penelitian, tata layanan (stewardship), jangkauan ke masyarakat, dan pengajaran.

Untuk indikator penelitian atau riset, THE memperhitungkan keterlibatan atau upaya kampus untuk mendorong capaian SDGs dengan mengembangkan topik yang relevan. Perhitungan indikator ini berasal dari data Elsevier.

Adapun, tata layanan menitikberatkan pada kemampuan kampus untuk memelihara sumber daya yang ada, mulai dari fisik (bangunan), tenaga pendidik, mahasiswa, hingga pegawai kampus.

Indikator jangkauan berfokus pada keterlibatan kampus dengan komunitas lokal, regional, nasional hingga internasional terkait dengan poin-poin SDGs.

Indikator Pengajaran berfokus pada memastikan bahwa ada cukup praktisi terampil di kampus untuk mewujudkan SDGs, dan bahwa semua alumni membawa pelajaran dari SDGs itu ke dalam karir masa depan mereka.

Berikut ini lima perguruan tinggi terbaik THE Impact Rankings 2022 skala global:

  1. Western Sydney University, Australia
  2. Arizona State University (Tempe), AS
  3. Western University, Kanada
  4. King Abdul Aziz University, Arab Saudi
  5. Universiti Sains Malaysia

Adapun, lima perguruan tinggi terbaik THE Impact Rankings 2022 di Indonesia adalah:

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. IPB University & Universitas Padjadjaran
  4. Universitas Airlangga & ITB &Universitas Diponegoro
  5. Universitas Sebelas Maret & ITS

Read Next