logo

Kampus

Jumlah Mahasiswa Kian Banyak, ITS Bangun Tower 2 untuk Fasilitasi Pembelajaran

Jumlah Mahasiswa Kian Banyak, ITS Bangun Tower 2 untuk Fasilitasi Pembelajaran
Penekanan tombol secara simbolis oleh pimpinan ITS dan WIKA yang menandakan dimulainya pembangunan gedung Tower 2 ITS (ITS)
Bunga NurSY, Kampus28 April, 2022 05:20 WIB

Eduwara.com, SURABAYA—Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tengah membangun menara kedua untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar yang kian padat seiring dengan bertambahnya jumlah mahasiswa kampus tersebut.

Seremonial peletakan batu pertama (groundbreaking) menara tersebut diselenggarakan pada Rabu (27/4/2022). Dalam pembangunannya, ITS menggandeng grup Wijaya Karya (Wika).

Rektor ITS Mochamad Ashari menyampaikan, pembangunan gedung Tower 2 ini dilatarbelakangi adanya peningkatan jumlah mahasiswa ITS dari tahun ke tahun. 

“Saat ini jumlah mahasiswa ITS mengalami peningkatan dari yang sebelumnya sekitar 20.000 menjadi sekitar 25.000 dan akan terus mengalami peningkatan ke depannya,” ungkap Ashari seperti dikutip dari situs resmi ITS, Rabu (27/4/2022).

Dari situ, sambungnya, ITS menggandeng WIKA untuk mendirikan Tower 2 ITS guna memenuhi kebutuhan infrastruktur pembelajaran. Hal itu juga mengingat beberapa tahun terakhir ini ITS telah membuka sejumlah program studi (prodi) baru. 

“Dengan adanya Tower 2 ini, harapannya sivitas akademika ITS akan merasa lebih nyaman sehingga kualitas pembelajaran dapat meningkat,” tandasnya penuh harap.

Seperti yang diketahui, ITS telah membangun Tower 1 ITS yang dikenal juga sebagai MIPA Tower sejak 2012 dan memiliki 11 lantai. “Selain pembangunan Tower 2 ITS, dicanangkan pula pembangunan Tower 3 ITS dan Pusat Bahasa,” imbuh Ashari.

Gedung Tower 2 ITS ini sendiri akan dibangun selama 11 bulan ke depan. Lantai 1 akan difungsikan sebagai lobi pintu masuk dan ruang pamer. Kemudian, pada lantai 2 akan diisi dengan student service serta auditorium. Laboratorium pembelajaran akan mengisi lantai 3 dan 9, sedangkan pada lantai 4 hingga 8 akan difungsikan sebagai ruang kelas untuk beberapa departemen.

Tidak hanya menyediakan fasilitas untuk para mahasiswa, lantai 10 dari gedung Tower 2 ITS ini diperuntukkan ruang dosen. Terakhir, lantai teratas akan difungsikan sebagai ruang serbaguna yang berkapasitas 160 orang. Pada gedung Tower 2 ITS ini juga dilengkapi dengan Building Automation System (BAS) dan Solar Panel sehingga dapat menghemat energi dan biaya pemeliharaan.

Read Next