logo

Kampus

Tiga PTN di Jatim Terjunkan Tim KKN Kolaborasi ke Semeru

Tiga PTN di Jatim Terjunkan Tim KKN Kolaborasi ke Semeru
Tim KKN Kolaborasi PTN Jatim Peduli Semeru yang terdiri dari tim KKN ITS, tim KKN Unair, dan tim KKN UPN Veteran Jatim siap diberangkatkan menuju Kabupaten Lumajang. (ITS)
Bunga NurSY, Kampus21 Desember, 2021 09:15 WIB

Eduwara.com, SURABAYA—Sejumlah perguruan tinggi negeri di Jawa Timur berkolaborasi untuk menerjunkan tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

Perguruan tinggi negeri yang berpartisipasi adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jatim.

Tim KKN kolaborasi perguruan tinggi negeri (PTN) Jatim ini berangkat dari Gedung Pusat Robotika ITS menuju posko bersama Universitas Jember (Unej) di Kabupaten Lumajang, Senin (20/12/2021).

Melalui proyek kemanusiaan KKN Kolaborasi PTN Jatim Peduli Semeru, sebanyak 30 mahasiswa ITS didampingi tiga Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bersama 14 mahasiswa Unair dengan empat DPL dan 20 mahasiswa UPN Veteran Jatim dengan tiga DPL terjun langsung ke lokasi terdampak untuk memberi bantuan.

Adapun bantuan yang diberikan berupa pendampingan belajar dan literasi bagi pelajar terdampak, penyaluran dan manajemen logistik, survei lingkungan, serta pemetaaan potensi desa tangguh bencana selama enam bulan. 

“Selain memberikan dampak positif bagi saudara kita yang terdampak, program ini juga mampu membangun ekosistem kolaborasi antarkampus,” tutur Kepala Subdirektorat Pengabdian kepada Masyarakat ITS Lalu Muhamad Jaelani seperti dikutip dari situs resmi ITS, Senin (20/12/2021).

Lalu menambahkan bahwa nantinya tim KKN Kolaborasi PTN Jatim Peduli Semeru akan bertugas di sisi timur Lumajang yaitu di Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pasirian.

Seluruh relawan yang hadir di Lumajang sendiri terbagi menjadi dua tim besar yaitu yang bertugas di sisi timur dan sisi barat.  “Hal ini dikarenakan putusnya akses jembatan yang menghubungkan dua lokasi tersebut,” terangnya.

Lebih lanjut, DPL dari Unair Ikhsan Rosyid Mujahidul Anwari menyatakan bahwa tim KKN Unair sendiri hanya akan berpartisipasi selama tiga hari sebagai tahap observasi lokasi di gelombang aksi sosial kali ini dan akan berpartisipasi kembali pada 17 Januari mendatang bersama 40 mahasiswa Unair.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat & KKN UPN Veteran Jatim Zainal Abidin Achmad yang turut serta menjadi DPL pada kegiatan Peduli Semeru berharap ke depannya kolaborasi ini dapat terus berlanjut dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia. “Di sini kita sudah menjadi satu kesatuan tanpa memandang nama institusi, namun tetaplah menjaga nama institusi anda di lapangan,” tandasnya berpesan.

Read Next