logo

Kampus

Tim Mobil Listrik Garuda EV-22 UNY Raih Juara Umum Di IIMS

Tim Mobil Listrik Garuda EV-22 UNY Raih Juara Umum Di IIMS
Tim mobil listrik Garuda EV-22 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil mewujudkan target sebagai juara umum Kejuaraan Formula Electric Student Championship (FESC) Indonesia International Motor Show (IIMS). Tim juga berhasil merengkuh dua gelar di kategori lainnya. (UNY)
Setyono, Kampus11 April, 2022 13:05 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Tim mobil listrik Garuda EV-22 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil mewujudkan target sebagai juara umum Kejuaraan Formula Electric Student Championship (FESC) Indonesia International Motor Show (IIMS). Tim juga berhasil merengkuh dua gelar di kategori lainnya.

Dalam FESC IIMS yang berlangsung pada Rabu (30/3/22) sampai Minggu (10/4/2022) di Jakarta, tim Garuda EV-22 UNY bersaing ketat dengan tim dari sebelas universitas lain.

"Selain kemenangan pada kategori  Juara Umum. Kami membawa pulang Juara 1 Kategori Skidpad dan Juara 1 Kategori Endurance," jelas Manager Tim Kesit Bayu Purnomo, Senin (11/4/2022).

FESC IIMS 2022 merupakan kompetisi on track pertama yang diikuti tim UNY, sehingga tim harus menentukan strategi yang tepat untuk meraih target juara umum. Selama tiga bulan sebelum lomba, tim telah melakukan persiapan dengan riset, manufaktur dan latihan pengemudi.

Dalam kategori Endurance, tim Garuda meraih juara dari penggunaan baterai berkapasitas 72V/64Ah yang dapat dipakai menempuh jarak 50 km dengan speed maksimal 80 km/jam.

Khusus kategori ini tim merancang casing pada battery pack dengan tujuan agar baterai lithium memiliki memiliki jarak satu dengan yang lain untuk menjaga suhu baterai tidak mengalami overheat.

"Untuk tetap menjaga suhu battery pack setiap sel baterai dilapisi dengan plat alumunium untuk mempercepat perpindahan panas yang dihasilkan oleh baterai tersebut," lanjut Bayu.

Menggambarkan suasana lintasan lomba, pengemudi tim Garuda Sultantyo Djatinegoro memaparkan tantangan dalam kompetisi ini adalah kegesitan driver dan harus memiliki daya tahan tubuh kuat karena musti menyelesaikan 60 lap uji endurance dan efisiensi. "Track-nya berpasir dan basah karena hujan, oleh karena itu kami gunakan ban basah untuk mengurangi oversteer" katanya.

Mobil listrik Garuda EV-22 dari Tim Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Advisor Tim Garuda EV-22 Zaenal Arifin merasa bangga tim UNY akhirnya berhasil meraih target yang diinginkan yaitu juara umum. "Harapannya tim harus lebih bersiap diri menghadapi kompetisi yang akan datang yaitu Shell Eco-marathon 2022" kata Zaenal.

Garuda EV-22 memiliki dua motor listrik dipasang secara on-wheel di kedua roda belakang. Kedua motor listrik tersebut dikendalikan oleh controller khususnya ketika kendaraan sedang cornering.

Ketika kendaraan sedang melakukan cornering ke kanan maka roda bagian kiri harus berputar lebih cepat dibandingkan roda bagian kanan. Controller tersebut akan mengatur motor listrik yang terdapat pada roda belakang bagian kiri untuk berputar lebih cepat dibandingkan motor listrik yang terdapat pada roda belakang bagian kanan.

Oleh karena itu pemasangan kedua motor listrik secara on-wheel memiliki keunggulan pada manuver akibat dari controller pengendali motor listrik.

Read Next