logo

Sekolah Kita

Tingkatkan Keakraban, Pramuka SMAN 1 Karanganyar Adakan Upgrading Camp

Tingkatkan Keakraban, Pramuka SMAN 1 Karanganyar Adakan Upgrading Camp
Kegiatan sharing session dalam upgrading camp oleh Pramuka SMANN 1 Karanganyar di ruang perpustakaan SMANN 1 Karangayar, Rabu-Kamis (22-23/12/2021). (Eduwara.com/K. Setia Widodo)
Redaksi, Sekolah Kita29 Desember, 2021 09:05 WIB

Eduwara.com, KARANGANYAR—Pramuka Ambalan Pangeran Diponegoro-R.A. Kartini SMA N 1 Karanganyar menyelenggarakan upgrading camp di SMAN 1 Karanganyar, Rabu-Kamis (22-23/12/2021).

Kegiatan tersebut diikuti Dewan Ambalan dan pembina Pramuka. Menurut pembina Dewan Ambalan Anggota Putri, Sunarti, upgrading camp dilaksanakan rutin setelah pelantikan dewan ambalan yang baru.

Tahun sebelumnya kegiatan ini tidak dilaksanakan karena pandemi. Sehingga upgrading camp dilakukan secara daring.

"Kami mengadakan secara daring dua kali. Hal tersebut karena pandemi sehingga tidak bisa melakukan pembelajaran atau sekolah tatap muka. Kendalanya ada di kegiatan fisik. Padahal Pramuka tidak hanya kegiatan pemikiran atau ide namun perlu kegiatan lapangan," jelas Narti ketika diwawancarai Eduwara.com di sela-sela kegiatan.

Dia menambahkan, pandemi Covid-19 menjadikan proses regenerasi tersendat. Apalagi tidak ada kegiatan sama sekali. Tetapi setelah pandemi agak menurun Pramuka SMAN 1 Karanganyar dalam berkompetisi tetap nomor satu.

Pengakraban

Sementara itu Pembina Pelaksana Kegiatan, Ratih Setyari, mengungkapkan persiapan upgrading camp tidak lama. Persiapan kurang lebih selama lima hari. Tema yang paling utama adalah pengakraban di antara Dewan Ambalan.

"Tema upgrading camp adalah mengakrabkan di antara mereka, karena berbeda kelas dan mungkin sebelumnya tidak begitu akrab. Sekarang mereka harus belajar mengakrabkan diri, persaudaraan, dan kerja sama. Hal tersebut sangat dibutuhkan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan ke depannya," kata Ratih.

Kegiatan sharing session dalam upgrading camp oleh Pramuka SMANN 1 Karanganyar di ruang perpustakaan SMANN 1 Karangayar, Rabu-Kamis (22-23/12/2021). (Eduwara.com/K. Setia Widodo)

 

Ratih menambahkan sesi penting upgrading camp adalah sharing session. Dalam sesi tersebut diutarakan tata tertib yang tidak tertulis seperti tata tertib apel, menerima tamu, dan trik-trik lain 

Salah seorang peserta upgrading camp, Dian menuturkan kegiatan diisi dengan materi teknis kepramukaan, mendirikan tenda, mempersiapkan logistik, dan pionering. Selain materi juga ada kuis dan permainan.

Dian mengaku baru kali pertama mengikuti upgrading camp di sekolah, karena tahun sebelumnya dilaksanakan secara virtual. "Kalau di SMA baru kali pertama. Saya merasa senang karena bisa berkemah kembali. Bermalam dan berkumpul bersama teman-teman. Mengobati rasa rindu dengan suasana berkemah," ujar Dian yang juga sebagai bendahara Pramuka SMAN 1 Karanganyar.

Dian berharap pandemi segera berakhir sehingga kegiatan kemah terlaksana kembali. Kegiatan seperti api unggun satu angkatan serta program kerja yang sudah direncanakan diharapkan bisa terlaksana. (K. Setia Widodo)

 

Editor: Riyanta

Read Next