logo

Sekolah Kita

Hapus Kejenuhan Siswa, SMP Muh 9 Gemolong Gelar “Panggung Gebyar Seni”

Hapus Kejenuhan Siswa, SMP Muh 9 Gemolong Gelar “Panggung Gebyar Seni”
Siswa mengikuti lomba menyanyi dalam Panggung Gebyar Seni, SMP Muhammadiyah 9 Gemolong, Sragen, Jawa Tengah, Selasa-Sabtu (14-18/12/2021). Eduwara.com/Istimewa Dok. SMP Muh 9 Gemolong
Redaksi, Sekolah Kita16 Desember, 2021 16:00 WIB

Eduwara.com, Sragen—Kebijakan pemerintah untuk tidak meliburkan siswa pasca ujian semester dimanfaatkan oleh SMP Muhammadiyah 9 Gemolong, Sragen, Jawa Tengah, untuk menggelar Panggung Gebyar Seni, Selasa-Sabtu (14-18/12/2021) di lingkungan sekolah itu.

Guru Wali Kelas IX B SMP Muhammadiyah 9 Gemolong, Latifah Agus Setyaningrum, ketika dihubungi Eduwara.com, Kamis (16/12/2021), mengatakan kegiatan tersebut untuk memberikan penyegaran atau refreshing bagi siswa.

“Biasanya setelah ujian semester siswa diliburkan untuk menunggu penerimaan rapor. Namun karena pemerintah meniadakan libur semester, kami menggelar berbagai lomba siswa di bidang seni dan olah raga yang dikemas dalam Panggung Gebyar Seni. Kegiatan ini selain untuk menyegarkan kembali siswa yang jenuh belajar menghadapi ujian juga untuk menggali bakat siswa,” tutur Latifah.

Menurut Guru Mata Pelajaran Bahasa Jawa itu, siswa yang bakat seninya bagus akan menjadi wakil sekolah dalam lomba-lomba antar sekolahan. “Siswa yang memiliki bakat berkualitas bagus tentu akan menjadi wakil sekolahan untuk mengikuti lomba di jenjang yang lebih tinggi.”

Siswa mengikuti lomba tilawah dalam Panggung Gebyar Seni, SMP Muhammadiyah 9 Gemolong, Sragen, Jawa Tengah, Selasa-Sabtu (14-18/12/2021). Eduwara.com/Istimewa Dok. SMP Muh 9 Gemolong

 

Dalam acara itu digelar sejumlah lomba, seperti lomba tilawah, azan, pidato, geguritan, menyanyi, game online, kebersihan kelas, menghias tumpeng, maupun voli. Kegiatan itu digelar dengan penerapan protokol kesehatan. Antusiasme siswa dalam mengikuti lomba dinilai Latifah sangat tinggi. Banyak siswa yang ingin mengikuti lomba tersebut. 

“Siswa sangat antusias mengikuti lomba. Yang seharusnya tiap kelas mengirim dua siswa untuk tiap lomba, mereka memaksa mengirimkan tiga hingga lima siswa di tiap lomba. Hal ini sangat bagus bagi pendidikan siswa, mereka memiliki semangat berkompetisi dalam hal yang baik. Untuk pengumuman pemenang lomba akan dilaksanakan pada Sabtu mendatang,” ujar Latifah.

Menyenangkan

Sementara itu, siswa di sekolahan itu menilai kegiatan lomba pasca ujian semester sangat positif. Alif, siswa kelas IX B mengatakan kegiatan itu membuatnya menjadi rileks kembali setelah belajar keras untuk ujian. Alif mengaku mengikuti lomba tilawah dan azan. Dia berharap bisa menjadi pemenang lomba itu.

Di sisi lain, Ninis, siswa kelas VII C menilai kegiatan berbagai lomba itu bermanfaat dan menyenangkan bagi siswa. Siswa dapat menyalurkan hobinya lewat lomba , seperti menyanyi, game online, maupun memasak. Dia yang suka memasak ikut lomba menghias tumpeng. “Saya suka memasak. Kadang membantu ibu memasak, menyiapkan makanan untuk keluarga.”

 

 

Editor: Riyanta

Read Next