logo

Kampus

Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Prodi Pendidikan Biologi UMS Gelar Karya Inovatif Pembelajaran

Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Prodi Pendidikan Biologi UMS Gelar Karya Inovatif Pembelajaran
Gelar Karya Inovasi Media Pembelajaran oleh Prodi Pendidikan Biologi UMS, Kamis (26/1/2023) di Auditorium Moh. Djazman UMS. (EDUWARA/Dok. UMS)
Redaksi, Kampus28 Januari, 2023 20:03 WIB

Eduwara.com, SUKOHARJO – Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Karya Inovasi Media Pembelajaran Biologi, Kamis (26/1/2023). Pameran yang mengusung tema Media Inspiration for Education Advancement itu diselenggarakan di Auditorium Moh Djazman.

Kegiatan itu melibatkan guru sebagai pengguna media pembelajaran, baik guru SMP dan SMA dari sekolah mitra, dan kebetulan mereka adalah alumnus Pendidikan FKIP UMS sebagai dewan juri dalam penilaian tugas akhir yang dipamerkan.

Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Putri Agustina menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan produk akhir mata kuliah Inovasi Media Pembelajaran.

“Pentingnya kegiatan ini yaitu sebagai media promosi, dan media pengabdian kepada masyarakat,” kata Putri Agustina seperti dilansir Eduwara.com, Jumat (27/1/2023), dari laman UMS.

Menurut dia, media pembelajaran sangat penting bagi mahasiswa sebagai calon guru. Hal tersebut karena kompetensi yang harus dimiliki oleh guru adalah pedagogik, yang salah satunya dengan merencanakan pembelajaran, membuat media pembelajaran dan menggunakan media.

Putri menambahkan, ketika mahasiswa membuat media pembelajaran yang dikembangkan sendiri, maka akan lebih mengena.

“Lulusan Pendidikan Biologi di luar sana jumlahnya ribuan. Maka perlu untuk mahasiswa Pendidikan Biologi UMS harus memiliki nilai plus. Sehingga harapan kami kemampuan ini mampu menjadi bekal ketika terjun pada dunia kerja,” tambah dia.

Kompetensi yang diperoleh, lanjut Putri, bisa diterapkan di sekolah-sekolah sebagai rujukan media pembelajaran dan hasil dari produk ini juga akan disumbangkan kepada sekolah-sekolah sehingga bisa lebih bermanfaat.

“Nanti akan dipilih satu media pembelajaran terbaik dan akan diberikan reward khusus. Selain itu bagi media paling inovatif akan di ikutkan lomba baik nasional maupun Internasional,” ujar dia.

Sementara itu, Dosen Mata Kuliah Media Pembelajaran, Rina Astuti memaparkan, pada saat pandemi ujian dilakukan secara individu. Namun kali ini mahasiswa dapat memamerkan hasil karyanya secara langsung.

“Kegiatan ini akan kami jadikan pengambilan nilai UAS secara berkelompok,” kata dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next