logo

Sekolah Kita

Tingkatkan Kompetensi Siswa, MAN I Sleman Berlatih di BLPT Yogyakarta

Tingkatkan Kompetensi Siswa, MAN I Sleman Berlatih di BLPT Yogyakarta
Sebanyak 71 siswa kelas XII MAN 1 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), belajar dan berlatih bersama di Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Yogyakarta selama lima hari, sejak 27 Februari 2023 sampai 3 Maret 2023. Para siswa ini berasal dari dua program keterampilan, yaitu Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Teknik Multimedia. (EDUWARA/Dok. MAN 1 Sleman)
Setyono, Sekolah Kita09 Maret, 2023 21:21 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Sebanyak 71 siswa kelas XII MAN 1 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), belajar dan berlatih bersama di Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Yogyakarta selama lima hari. Para siswa ini berasal dari dua program keterampilan, yaitu Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Teknik Multimedia.

Guru Keterampilan Teknik Multimedia MAN I Sleman yang mendampingi siswa berlatih, Fatimah, mengatakan proses pelatihan berlangsung selama lima hari sejak 27 Februari 2023 sampai 3 Maret 2023.

"Sebagai madrasah yang ditunjuk Kementerian Agama untuk menyelenggarakan program keterampilan, kami terus berusaha untuk memberi siswa kami keterampilan tidak hanya di kelas saja," kata Fatimah, Kamis (9/3/2023).

Di MAN I Sleman, berdasarkan keputusan tersebut, juga menyediakan berbagai kelas program keterampilan seperti Teknik Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor, Desain Pemodelan Interior dan Produk Furnitur, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Multimedia, Tata Busana, dan Tata Boga.

Selama di BLPT Yogyakarta, para siswa dibekali berbagai materi mengenai Fiber Optik untuk keterampilan TKJ dan Video Editing untuk Teknik Multimedia. Diharapkan melalui pelatihan yang didapatkan ini para siswa mempunyai kompetensi yang memadai sebelum bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Selain itu, kata Fatimah, para siswa yang memperoleh kesempatan mengikuti program pelatihan ini mampu memanfaatkan kesempatan yang diberikan sehingga mampu mengembangkan keterampilan pada kemudian hari.

Tantangan 

Kepala Seksi Layanan Pendidikan Teknik BLPT Yogyakarta Titien Nur Rachmawati, menyambut baik kerja sama tersebut dan berharap dapat terus berlanjut pada masa-masa mendatang.

Menurut Titien, dalam proses pelatihan, dengan berbagai macam karakter anak didik, menghadirkan tantangan dalam mengajar.

"Kuncinya adalah mengajak mereka fokus, khususnya dalam materi pembuatan film pendek. Alhamdulillah, anak-anak bisa dan mampu menerima, memahami dan mengerti materi pembuatan naskah (alur cerita), storyboard untuk pembuatan film pendek," jelasnya.

Salah satu siswa, Muhammad Afif, mengatakan selama mengikuti pelatihan lima hari di BLPT Yogyakarta banyak memberikan manfaat, baik dari segi teori maupun praktik.

"Pengajarnya sangat ramah, menyampaikan materi dengan jelas, dan jika ada yang kurang faham beliau selalu dengan sabar membimbing. Pada sesi praktik pun pengajar menjelaskan tentang peraturan 3K agar tidak terjadi kecelakaan kerja," ungkap Afif.

Read Next