logo

EduBocil

TK Aisyiyah 15 Jebres II Kenalkan Toleransi dan Lingkungan Lewat Outing Class

TK Aisyiyah 15 Jebres II Kenalkan Toleransi dan Lingkungan Lewat Outing Class
Kegiatan doa bersama dalam kegiatan outing class yang dilakukan oleh TK Aisyiyah 15 Jebres II, Senin (31/1/2022), di Taman Sunan Jogo Kali, Pucangsawit, Solo. (Eduwara.com/K. Setia Widodo)
Redaksi, EduBocil01 Februari, 2022 05:35 WIB

Eduwara.com, SOLO—Sebanyak 40 siswa TK Aisyiyah 15 Jebres II mengadakan Outing Class, Senin (31/1/2022), di Taman Sunan Jogo Kali, Pucangsawit, Solo.

Kepala Sekolah, Safitri menuturkan kegiatan itu menjadi puncak tema yakni rekreasi serta bertepatan dengan Imlek.

"Kegiatan outing class ini juga bertepatan dengan Imlek sehingga sekaligus mengenalkan anak-anak pada toleransi," kata dia ketika diwawancarai Eduwara.com selepas kegiatan.

Dia menambahkan, TK Aisyiyah No. 15 Jebres II baru saja diberi kesempatan untuk kalu pertama berkegiatan di luar sekolah. Terkait pemilihan tempat, dia menjelaskan memilih yang relatif dekat dan tidak lebih dari 5 km.

Adapun kegiatan outing class yaitu senam, berkeliling mengenal tanaman dan binatang. Kemudian dijelaskan mengenai sungai dan manfaatnya.

Didampingi Orang Tua

Lebih lanjut, Safitri menjelaskan siswa yang mengikuti kegiatan itu berasal dari kelas A, B I, dan B II. Seluruh siswa didampingi orang tua masing-masing.

"Karena tempatnya agak dekat, jadinya ada pendampingan dengan orang tua juga. Kami tetap menjaga prokes dengan memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan," tambah dia.

Sementara itu, salah satu orang tua siswa, Ayu Setyawati mengatakan kegiatan itu mendidik anaknya mengenai lingkungan dan karakter anak.

"Selama pandemi kan jarang kegiatan di luar. Jadi diajak ke taman bisa mengenalkan anak tentang lingkungan mereka," kata orang tua Afisa siswa kelas B I itu.

Terkait dengan pendampingan orang tua, dia diberi arahan untuk langsung berkumpul di Taman Sunan Jogo Kali. Kemudian, dia mempersiapkan bekal dan protokol kesehatan seperti masker.

Di sisi lain, Mantan Wali Kota Solo yang juga penyedia lahan, F.X. Hadi Rudyatmo menjelaskan setelah taman lebih tertata, banyak anak-anak TK yang datang ke tempat itu.

"Setelah ditata, banyak guru dan anak sekolah yang ke sini. Biasanya ketika jam olahraga. Baik dari TK, SD, SMA boleh masuk dengan catatan taat protokol kesehatan," kata dia ketika diwawancarai Eduwara.com setelah outing class selesai di kediamannya.

Rudy menambahkan nantinya akan disiapkan lahan pertanian anak serta menambah hewan-hewan agar bisa dilihat oleh anak-anak. (K. Setia Widodo)

Editor: Riyanta

Read Next