logo

Kampus

Cari Bibit Unggul, UNAIR Buka Jalur Golden Ticket di AEE 2022

Cari Bibit Unggul, UNAIR Buka Jalur Golden Ticket di AEE 2022
Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNAIR Achmad Solihin, saat memaparkan program kegiatan AEE Tahun 2022. (EDUWARA/Dok. UNAIR)
Redaksi, Kampus31 Januari, 2022 19:23 WIB

Eduwara.com, SURABAYA – Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya dipastikan akan tetap membuka jalur golden ticket bagi siswa di seluruh Indonesia pada tahun 2022. Golden ticket adalah jalur masuk UNAIR selain SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri, yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru untuk menjadi bagian dari Ksatria Airlangga.

Hal itu dikatakan Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNAIR Achmad Solihin dalam UNAIR TALK, Jumat (28/1/2022). Golden ticket akan diberikan kepada pendaftar dengan prestasi unggulan, yang dibagi menjadi tiga kategori.

“Pertama, dalam prestasi akademik, yaitu berkaitan dengan kejuaraan di mata pelajaran dan lain sebagainya. Kedua, prestasi organisasi, yaitu ketua OSIS, dan yang ketiga yakni prestasi keagamaan, dalam agama apapun tidak hanya Islam,” kata Achmad Solihin, seperti dikutip dalam laman resmi UNAIR.

Pendaftar golden ticket juga harus mengunggah dokumen prestasi, serta melampirkan kartu peserta SNMPTN dengan pilihan pertama yaitu Universitas Airlangga. 

“Pendaftar juga harus mendaftar dan memiliki akun Airlangga Education Expo (AEE) yang nantinya diselenggarakan secara hybrid pada 18 Februari mendatang,” katanya.

Disiarkan melalui ruang temu Zoom dan Youtube, seluruh siswa di Indonesia dapat mendaftar pada 16-20 Februari 2022 untuk mendapatkan goldenticket tersebut. 

“Semua siswa di Indonesia dapat mengikuti AEE, dan mendaftar untuk memperebutkan golden ticket, asalkan memenuhi persyaratan,” jelasnya.

Achmad juga menyampaikan bahwa golden ticket tidak akan mengurangi kuota daya tampung dalam SNMPTN. “Meskipun seleksinya harus melampirkan kartu peserta SNMPTN, daya tampungnya tidak akan berkurang karena golden ticket,” katanya.

Setelah melalui seleksi dan verifikasi berkas, penerima golden ticket akan diumumkan pada AEE hari ketiga, yaitu 20 Februari 2022. Peserta yang belum beruntung mendapatkan golden ticket masih berkesempatan untuk bergabung menjadi Ksatria Airlangga melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan juga jalur Mandiri.

Informasi pendaftaran mahasiswa baru UNAIR dapat diakses pada laman ppmb.unair.ac.id. Sedangkan website eduexpo.unair.ac.id akan menjadi pusat informasi dan pendaftaran AEE 2022.

Read Next