logo

Vokasi

Turuti Kata Hati, Renatta Moeloek Kuliah di Dunia Kuliner dan Sukses Jadi Chef

Turuti Kata Hati, Renatta Moeloek Kuliah di Dunia Kuliner dan Sukses Jadi Chef
Chef Renatta Moeloek (EDUWARA/Bhakti)
Bhakti Hariani, Vokasi22 Maret, 2022 18:45 WIB

Eduwara.com, JAKARTA – Mengikuti kata hati, Renatta Moeloek memutuskan untuk menjalani pendidikan di dunia kuliner. Kini, tak sia-sia dirinya mengikuti kata hati. Namanya sukses melambung sebagai chef ternama dan menjadi juri chef di acara Master Chef Indonesia.

Renata Moeloek berbagi kisah perjuangannya menjadi chef dalam Webinar “Women and Food: Indonesia Culinary Heroine, Perempuan Pahlawan Kuliner Indonsia” yang digelar Nusa Gastronomy Indonesia dan U.S Embassy Indonesia, Senin (21/3/2022).

Chef Renatta berkisah bahwa kesuksesannya menjadi seorang chef tak terlepas dari perjuangannya memulai segalanya dari nol. Berawal dari kesukaannya memasak sejak kecil.

“Ibu saya business women. Sibuk sekali. Dapur di rumah saya jarang digunakan karena mama saya jarang sekali memasak. Akhirnya ya saya belajar memasak sendiri. Aneka masakan saya buat,” ujar Renatta.

Sejak itu, Renatta jatuh hati pada dunia masak memasak. Renatta memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di bidang kuliner. 

Namun, hal itu tak semudah membalik telapak tangan. Tentangan muncul dari kedua orang tuanya yang melihat dunia kuliner tidak cocok untuk perempuan dan lebih mengarahkan anaknya untuk menjadi wanita karir yang bekerja di kantor.

“Butuh usaha untuk meyakinkan kedua orang tua saya untuk mengizinkan saya melanjutkan pendidikan di dunia kuliner. Bayangan mama saya, ya, perempuan kerjanya di kantor bukan di dapur,” kata Renatta sambil tertawa mengenang peristiwa tersebut.

Namun, akhirnya kedua orang tuanya memberikan restu kepadanya untuk melanjutkan pendidikan di dunia kuliner. Chef Renatta kemudian memilih untuk melanjutkan sekolah masak di Le Cordon Bleu Culinary Art, di Paris, Perancis. 

Rekan seprofesi Chef Juna di acara Master Chef Indonesia ini mengambil spesialisasi masakan Asia dan Eropa. Chef Renatta menyelesaikan sekolahnya pada 2018 dengan gelar, Diploma Superior Cuisine and Superior Pastry.

Renatta mengisahkan perjuangannya berkarier menjadi chef dari bawah. “Orang-orang mungkin lihatnya saya sudah enak kayak sekarang. Padahal saya memulai ini semua dari bawah sekali. Saya ngalamin lho nyabutin bulu ayam dan bulu bebek,” kisah Renatta sambil tertawa.

Dunia kuliner yang didominasi para pria juga sempat membuat Renatta merasa minder. Apalagi jam terbang para chef pria ini sudah sangat tinggi. Terlebih, chef pria memiliki kelebihan dari sisi fisik untuk melakukan segala aktivitas kuliner.

Sempet ngerasa nggak yakin, minder. Tapi ya seiring waktu berjalan semua bisa dijalani dengan baik. Semua saling membutuhkan karena kami satu tim,” tutur Renatta. 

Read Next