logo

EduBocil

Tumbuhkan Kecintaan pada Matematika, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo Gelar Festival Numerasi

Tumbuhkan Kecintaan pada Matematika, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo Gelar Festival Numerasi
Acara Puncak Festival Numerasi 2022 SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, Sabtu (19/3/2022). (EDUWARA/Humas SD Muh PK Kottabarat Solo)
Redaksi, EduBocil21 Maret, 2022 20:55 WIB

Eduwara.com, SOLO - SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo menggelar acara puncak Festival Numerasi 2022 yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube SDMUHPK TV, Sabtu (19/3/2022). 

Acara diisi dengan final Kompetisi Sang Juara dan pengumuman pemenang berbagai perlombaan. Kegiatan ini sekaligus menutup rangkaian Festival Numerasi 2022 dengan tema "Cakap Menggunakan Keterampilan Matematika Secara Praktis," yang berlangsung 16 Februari - 19 Maret 2022.

Ketua pelaksana, Andi Arfianto mengatakan tujuan utama kegiatan ini untuk menumbuhkan kecintaan siswa kepada matematika.

"Festival Numerasi 2022 dirangkai dengan beberapa kegiatan perlombaan untuk murid internal maupun eksternal yang diikuti oleh murid Kelompok Belajar (KB) hingga Taman Kanak-Kanak (TK) se-Solo Raya," ujar Andi Arfianto dalam siaran pers yang diterima Eduwara.com, Senin (21/3/2022).

Lomba eksternal, sambung dia, ditujukan untuk murid KB hingga TK, yaitu lomba video menyusun tangram dan mewarnai poster bertema Matematika. 

Adapun pemenang lomba video menyusun tangram yaitu juara 1 Luna Jennahara Firdaus (TKIU Al Khoir), juara 2 Fahima Syamsalika D (PAUD Islam Makarima), juara 3 Ashtarrazka Muhammad AG (TKIT Bina Madina).

Sedangkan pemenang lomba mewarnai poster bertema Matematika yaitu juara 1 Alika Azalea Adilla Putri (TK Aisyiyah 20 Pajang), juara 2 Aisha Ziya Shayfa (TK Al A'raaf), juara 3 Rahil Najah Sholehah (TK Negeri Pembina Bendosari).

Untuk Lomba internal diikuti oleh siswa kelas I-VI SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Lomba internal ini terdiri dari lomba membuat video pendek nilai tempat untuk kelas I-II, kompetisi sang juara untuk kelas III-IV, lomba karya visual demonstrasi bangun ruang serta try out numerasi untuk kelas V dan VI.

"Alhamdulillah Festival Numerasi perdana di tahun ini berlangsung sukses, terlihat dari sambutan cukup antusias kalangan internal maupun eksternal," kata Andi.

Anstusiasme tersebut dibuktikan dengan banyaknya peserta yang berpartisipasi dalam beberapa kategori perlombaan. Hal itu menjadi salah satu indikator keberhasilan sekaligus menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan Festival Numerasi yang rencananya akan menjadi agenda tahunan. (*/K. Setia Widodo)

Read Next