logo

Beasiswa

UI Great dan UI Shine, Akses Pendidikan Bagi Mahasiswa Asing Bertalenta

UI Great dan UI Shine, Akses Pendidikan Bagi Mahasiswa Asing Bertalenta
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Abdul Haris saat sosialisasi UI Great dan UI Shine secara virtual (EDUWARA/Humas UI)
Bhakti Hariani, Beasiswa12 Mei, 2022 20:24 WIB

Eduwara.com, DEPOK – Universitas Indonesia (UI) membuka akses bagi mahasiswa asing melalui program beasiswa UI Great dan UI Shine. Hal ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan kolaborasi yang dikembangkan bersama perguruan tinggi global yang menjadi mitra Universitas Indonesia (UI), agar mahasiswa berkesempatan menempuh studi terbaik.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Abdul Haris mengatakan, kolaborasi internasional ini bertujuan meningkatkan reputasi akademik serta memperkenalkan UI dan Indonesia ke ranah internasional.

“UI sadar bahwa Indonesia sudah bertumbuh secara signifikan, terutama dalam bidang ekonomi. Bahkan, tahun ini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah dalam gelaran G20. Program UI GREAT dan UI SHINE ini diharapkan meningkatkan kolaborasi internasional serta reputasi UI di mata global,” ujar Abdul Haris dalam siaran pers yang dikirimkan Biro Humas dan KIP UI kepada Eduwara.com, Kamis (12/5/2022).

Dipaparkan Haris, UI menjadi salah satu perguruan tinggi unggulan dengan kualitas pendidikan terbaik di Indonesia serta secara konsisten menempati ranking rata-rata di urutan 56 se-Asia dan 260 di tingkat global menurut QS World Campus Ranking. Hal tersebut menjadi bukti bahwa UI mengedepankan kualitas pendidikan serta memiliki nilai kompetitif dalam berbagai aspek. 

UI Great diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang ingin menempuh pendidikan penuh waktu atau full time di kampus UI. Hampir seluruh fakultas di UI menyediakan program pendidikan S2 yang bisa dipilih calon mahasiswa. Beberapa fakultas yang menyediakan program pendidikan pascasarjana, antara lain Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Sekolah Ilmu Lingkungan, serta Sekolah Kebijakan Stratejik dan Global.

Suasana sosialisasi UI Shine dan UI Great. EDUWARA/Humas UI)

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Internasional Baiduri Widanarko menuturkan, persyaratan untuk program UI Great yaitu aplikan harus berasal dari warga negara asing (non-Indonesia), harus sudah mendapatkan vaksin minimal dua kali, mampu mempertahankan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.0 selama masa studi di UI, serta beberapa syarat lain yang bisa diakses melalui tautan https://admission.ui.ac.id/. 

“Mahasiswa asing yang diterima dalam program UI GREAT berkesempatan mendapat bantuan beasiswa dengan komponen bantuan biaya visa mahasiswa, bantuan tiket pesawat, bantuan biaya hidup, serta bantuan lainnya yang dapat dilihat pada laman terkait,” papar Baiduri.

Pertukaran Mahasiswa

Sedangkan UI Shine adalah program pertukaran pelajar bagi mahasiswa S1 dan S2 yang sedang menempuh pendidikan di universitas yang bekerja sama dengan UI. Mereka dapat menempuh pendidikan di UI selama satu semester. 

Aplikan dapat memilih program studi di fakultas tujuan dengan bidang ilmu yang sama di universitas asal. Persyaratan yang harus dipenuhi program UI SHINE adalah aplikan merupakan mahasiswa non-Indonesia yang berasal dari universitas partner UI dan persyaratan lain yang dapat diakses melalui laman https://international.ui.ac.id/exchange/.

Pendaftaran kedua program tersebut ditutup pada 31 Mei 2022 dan diumumkan pada 20 Juni 2022. Sekretaris UI Agustin Kusumayati mengatakan, sebagai institusi perguruan tinggi, UI berkomitmen menyediakan aksesibilitas pendidikan bagi generasi muda.

“Untuk itu, kami meluncurkan program beasiswa atau scholarship program UI Great dan UI Shine. Program ini mendukung 250 mahasiswa asing bertalenta dari berbagai negara agar dapat menempuh pendidikan di UI melalui kolaborasi internasional,” tutur Agustin.

UI Great dan UI Shine merupakan program yang dinaungi Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI yang didukung oleh Direktorat Kemahasiswaan, Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru, dan Kantor Internasional UI atau International Office UI. 

Ketiga unit tersebut mengemban tugas mendukung tujuan internasionalisasi serta menangani mobilitas internasional yang melibatkan sivitas UI dan sivitas akademika dunia, seperti membantu mahasiswa asing mengurus kebutuhan akademiknya selama belajar di UI serta menjembatani hubungan sivitas UI dengan komunitas akademik/ universitas lain di dunia. 

Read Next