logo

Kampus

UI Kembali Duduki Peringkat Teratas Webometrics Januari 2023

UI Kembali Duduki Peringkat Teratas Webometrics Januari 2023
UI Kembali Duduki Peringkat Teratas Webometrics Januari 2023 (UI)
Bunga NurSY, Kampus06 Februari, 2023 14:58 WIB

Eduwara.com, SOLO— Lembaga pemeringkatan universitas Webometrics merilis peringkat universitas di seluruh dunia, termasuk Indonesia edisi Januari 2023. 

Universitas Indonesia kembali menduduki peringkat teratas di negeri ini dalam ranking Webometrics. Adapun, kampus swasta diwakili oleh Telkom University dan BINUS University di jajaran top 10. 

Webometrics menggunakan tiga indikator utama dalam menilai dan menentukan peringkat perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

Indikator pertama, visibilitas atau kejelasan, yaitu pengaruh konten web institusi. Dalam indikator ini dilihat seberapa banyak jumlah jaringan luar yang terhubung pada laman web resmi universitas. Indikator ini bernilai 50 persen.

Kedua, keterbukaan atau transparansi. Indikator ini menilai jumlah sitasi dari 210 peneliti teratas di sebuah perguruan. Nilai pada indikator ini sebesar 10 persen dari keseluruhan indikator. 

Indikator ketiga, yaitu penelitian. Indikator ini menilai jumlah jurnal penelitian pada 10 persen teratas selama lima tahun terakhir, dan yang paling banyak dikutip dari total 27 disipilin ilmu. Bobot nilai pada indikator ini sebesar 40 persen. Berikut 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia baik negeri maupun swasta:

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Brawijaya
  4. Universitas Airlangga
  5. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  6. Universitas Syiah Kuala
  7. Institut Teknologi Sepuluhnopember
  8. Telkom University
  9. Institut Teknologi Bandung
  10. BINUS University

Read Next