logo

Kampus

UI Salurkan Bantuan untuk Korban Letusan Gunung Semeru

UI Salurkan Bantuan untuk Korban Letusan Gunung Semeru
Tim Universitas Indonesia (UI) Peduli yang berada di bawah koordinasi Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) memberikan donasi kepada warga di tiga desa di Kabupaten Lumajang yang menjadi korban letusan Gunung Semeru. (EDUWARA/Humas UI)
Bhakti Hariani, Kampus12 Januari, 2022 17:22 WIB

Eduwara.com, LUMAJANG - Tim Universitas Indonesia (UI) Peduli yang berada di bawah koordinasi Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) menyambangi lokasi bencana meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tim UI membawa berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat setempat. 

Barang-barang yang didonasikan di antaranya adalah 50 paket lampu senter serta paket pendidikan yang berisi tas sekolah, alat tulis sekolah, tempat minum botol, kaos kaki, tempat pensil, makanan ringan, dan susu kotak sejumlah 200 paket.

Kasubdit Direktorat Pengabdian Masyarakat (DPPM) UI Albert P J Roring menuturkan, target Tim UI adalah untuk membantu kebutuhan masyarakat sekitar yang terdampak, serta untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan asupan gizi siswa SD.

 “Kami menelusuri tiap desa untuk mengantar paket pendidikan bagi masyarakat terdampak di Desa Supiturang, Desa Sumberasih, dan Dusun Umbulan. Masyarakat sangat antusias dan bersuka cita dengan adanya paket pendidikan,” ujar Albert dalam siaran pers yang dikirimkan Kantor Humas dan KIP UI kepada Eduwara.com, Rabu (12/1/2022).

Diungkap Albert, paket pendidikan tersebut sangat dinantikan karena belum ada donasi serupa bagi mereka, padahal kegiatan pendidikan harus berjalan, semangat belajar anak-anak tumbuh dengan adanya paket pendidikan ini.

“Kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) ini merupakan wujud komitmen UI dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Dalam aksi ini kami bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Amanah Bina Bangsa (YPABB) SMK Bina Bangsa Dampit, serta PMI Kabupaten Lumajang untuk mengemas dan mendistribusikan paket pendidikan bagi warga terdampak,” papar Albert.

Perwakilan SMK Bina Bangsa Dampit yang mendampingi Tim UI untuk mengemas donasi menyatakan apresiasinya dengan adanya bantuan ini. 

“Sekolah kami selalu siap dan terbuka dalam bekerja sama dengan semua pihak, khususnya dengan UI yang notabenenya adalah sama-sama sebagai lembaga pendidikan untuk saling membantu dalam percepatan pemulihan kondisi wilayah yang terdampak erupsi Gunung Semeru. SMK Bina Bangsa Dampit selalu membuka pintu untuk bisa bersama-sama membantu pemulihan pasca bencana erupsi Semeru,” ujar Kepala SMK Bina Bangsa Dampit Siti Maimunah.

Dalam kesempatan tersebut, Tim UI Peduli menyempatkan bertemu dengan Kepala Desa Supiturang Nurul Yaqin Pribadi. 

“Kami berterima kasih dan bersyukur atas perhatian, kegiatan dan donasi yang dilaksanakan oleh tim UI Peduli kepada warga Desa Supiturang,” ujar Nurul.

Tim UI juga memberikan paket bantuan pendidikan kepada masyarakat di sekitar Jembatan Gladak Perak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Read Next