logo

Kampus

UI Tempati Peringkat Satu QS Asia University Rangking 2022

UI Tempati Peringkat Satu QS Asia University Rangking 2022
Area Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat ((Dok. Humas UI)
Redaksi, Kampus03 November, 2021 20:48 WIB

Eduwara.com, DEPOK - Universitas Indonesia (UI) menjadi universitas nomor satu di Indonesia berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh QS Asia University Rankings 2022. UI berada di posisi puncak di Indonesia, peringkat ke-11 di Asia Tenggara, dan menempati peringkat 56 di Asia dengan overall score 58,1. 

Rektor UI Ari Kuncoro menanggapi positif hasil yang dirilis QS Asia University Rankings 2022. 

“Terima kasih kepada seluruh sivitas akademika UI atas semua kerja keras selama ini, sehingga UI menjadi perguruan tinggi peringkat pertama di Indonesia,” kata Ari dalam siaran pers yang diterima redaksi Eduwara.com, Rabu (03/11) .

Meski demikian, Ari mengingatkan segenap sivitas akademika UI untuk tidak lekas berpuas diri dan terus meningkatkan kinerja serta bersama mewujudkan UI menjadi yang terbaik di Asia Tenggara dan semakin diperhitungkan di skala global.

Director of Research QS Ben Sowter mengatakan, pada edisi tahun ini dalam perbandingan universitas-universitas di Asia menunjukkan bahwa universitas-universitas terbaik di Indonesia sedang menikmati rekognisi dari komunitas akademik global dan manajer perekrutan internasional. 

“Untuk peningkatan selanjutnya, para pemimpin pendidikan tinggi Indonesia harus membangun kemampuan dan infrastruktur penelitian untuk bersaing secara regional dengan negara-negara dengan tradisi penelitian yang lebih luas,” ujar Ben.

QS Quacquarelli Symonds, merupakan think-tank pendidikan tinggi global dan penyusun portofolio peringkat universitas yang paling banyak dikonsultasikan di dunia. Penilaian dilakukan oleh QS 2022 terhadap 687 universitas di Asia, termasuk empat puluh entri baru. 

Dalam tabel yang disampaikan, QS 2022 menjelaskan 11 indikator utama kinerja universitas, yang mencakup kedudukan akademik, kelayakan kerja lulusan, kualitas dan produktivitas penelitian, internasionalisasi di kampus, dan keragaman kolaborasi internasional masing-masing institusi. 

National University of Singapore dinobatkan sebagai universitas terbaik di Asia, selama empat tahun berturut-turut. (Bhakti)

Read Next