logo

Kampus

UI Terima 2.013 Mahasiswa Baru Lewat Talent Scouting dan PPKB

UI Terima 2.013 Mahasiswa Baru Lewat Talent Scouting dan PPKB
Gerbang Utama Kampus UI Depok (UI)
Bhakti Hariani, Kampus04 April, 2022 13:16 WIB

Eduwara.com, DEPOK—Universitas Indonesia (UI) menerima 2.013 calon mahasiswa baru melalui jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan Talent Scouting tahun 2022 untuk program Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Kelas Khusus Internasional, serta Program Pendidikan Vokasi Diploma 3 dan Diploma 4. Calon mahasiswa baru tersebut berasal dari 438 sekolah dengan total pendaftar sebanyak 10.692 peserta.

Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia mengatakan, hasil PPKB dan Talent Scouting 2022 diumumkan melalui laman penerimaan.ui.ac.id/ppkb dengan login menggunakan nomor pendaftaran dan password. Informasi registrasi (daftar ulang) mahasiswa baru UI yang diterima melalui PPKB dan Talent Scouting 2022 dapat dilihat pada laman tersebut.

Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI (PMB UI) Gunawan menjelaskan bahwa dari 10.692 pendaftar PPKB dan Talent Scouting, sebanyak 1.529 adalah pendaftar PPKB dari Program Pendidikan Vokasi (D3 & D4).

 “Dari yang mendaftar, diterima 1.009 orang dengan tiga program studi (prodi) yang paling banyak diminati adalah D4 Bisnis Kreatif, D4 Produksi Media, dan D3 Humas,” ujar Gunawan dalam siaran pers yang diterima redaksi Eduwara.com, Senin (4/4/2022).

Tahun ini, pendaftar PPKB S1 Paralel adalah 7.904 dan yang diterima sebanyak 709 calon mahasiswa baru UI dengan tiga prodi yang paling banyak peminatnya adalah Ilmu Hukum, Psikologi, dan Ilmu Komunikasi. Kemudian untuk pendaftar Talent Scouting S1 KKI, dari 1.259 pendaftar, diterima 295 calon mahasiswa baru dengan prodi yang paling banyak diminati adalah Pendidikan Dokter, Manajemen, dan Ilmu Hukum.

Gunawan mengucapkan selamat atas keberhasilan para calon mahasiswa baru UI yang telah berhasil lulus dan unggul di antara belasan ribu peminat UI melalui jalur PPKB dan Talent Scouting. “Bagi mereka yang belum lulus, jangan putus semangat, tetap berjuang mempersiapkan diri menuju seleksi-seleksi berikutnya dan kesempatan masih terbuka luas,” ujar Gunawan.

Bagi para calon mahasiswa yang belum berhasil lulus pada PPKB dan Talent Scouting dapat mengikuti seleksi UTBK-SBMPTN 2022 yang pendaftaran masih berlangsung hingga 15 April 2022, dan atau mengikuti seleksi SIMAK UI dengan periode pendaftarannya Mei – Juni 2022.

 “Kami mengimbau bagi para calon mahasiswa untuk rutin mengecek informasi/pengumuman di situs www.penerimaan.ui.ac.id maupun media sosial UI, seperti twitter dan instagram @univ_indonesia agar selalu terinformasi mengenai jadwal seleksi,” kata Gunawan.

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di UI melalui jalur PPKB dan Talent Scouting 2022, masih harus menunggu proses verifikasi rapor. Verifikasi rapor dilakukan oleh UI berdasar kesesuaian dokumen yang telah diunggah saat pendaftaran dengan nilai yang telah dimasukkan oleh sekolah. Hasil verifikasi akan diumumkan pada 7 April 2022 pukul 13.00 WIB melalui laman https://penerimaan.ui.ac.id/ppkb.

Usai tahapan verifikasi rapor tersebut di atas, maka calon mahasiswa dapat lanjut ke tahap berikutnya, yaitu Tahap Pengisian Data dan Pra-registrasi pada tanggal 7 – 21 April 2022. Selanjutnya, calon mahasiswa diminta melakukan Pembayaran Biaya Pendidikan dimulai dari 7 – 21 April 2022 hingga Tahap akhir berupa Registrasi Akademik pada tanggal 22 - 25 April 2022. 

Read Next