logo

Kampus

UII Gelar Lomba Inovasi Kewirausahaan UBIC 8.0

UII Gelar Lomba Inovasi Kewirausahaan UBIC 8.0
Kepala Ibisma UII Amarria Dila Sari memaparkan gelaran UII Business & Innovation Challenge (UBIC) 8.0 (UII)
Setyono, Kampus14 Januari, 2022 13:44 WIB

Eduwara.com, JOGJA—Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menggelar UII Business & Innovation Challenge (UBIC) 8.0 untuk kewirausahaan sivitas akademika UII, alumni maupun masyarakat umum.

Gelaran lomba ini diinisiasi Inkubasi Bisnis dan Inovasi Bersama Universitas Islam Indonesia (Ibisma UII). 

Kepala Ibisma UII Amarria Dila Sari memaparkan program ini bertujuan melahirkan wirausaha muda yang memiliki keunggulan dalam inovasi bisnis, teknologi, kemandirian usaha dan profesionalisme, serta mampu berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan ekonomi bangsa Indonesia.

"UBIC merupakan program kompetisi proposal bisnis dan inovasi serta merupakan mekanisme penjaringan calon tenant startup Ibisma dari sivitas akademika, alumni UII maupun masyarakat," katanya, Jumat (14/1/2022).

Dalam program ini Ibisma menawarkan fasilitas program inkubasi bisnis dan teknologi secara intensif selama delapan bulan. Dalam gelaran ini juga diberikan Hibah Pendanaan StartUp Inovasi (pengembangan usaha & teknologi) dengan total nilai hingga Rp200 juta setiap tahunnya.

Program hibah menurut Dila merupakan kesempatan emas bagi para pengusaha muda dan tenant Ibisma untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan Inkubator serta seluruh ekosistem inovasi dan Kewirausahaan di UII.

Ibisma juga memberikan akses pendanaan dari berbagai lembaga dan kementerian, seperti Kementerian Koperasi dan UKM RI hingga Kemendikbudristek RI.

Program UBIC 8.0 akan dimulai Januari hingga Agustus 2022. Seleksi akan dilakukan hingga akhir Januari. Kemudian seleksi proposal tenan 1-2 Februari dan pengumuman lolos untuk 30 tenant.

"Lalu dilanjutkan dengan kick off program UBIC 2022 dan coaching tahap 1 untuk 30 tenant. Berikutnya dilakukan seleksi kembali dan coaching tahap 2 untuk 20 tenan. Seleksi terakhir untuk 10 tenant terbaik dan coaching tahap 3 serta funding hingga mentoring bisnis," jelasnya.

Nantinya, peserta yang dinyatakan lolos program UBIC diberikan fasilitas pendanaan total Rp200 juta dan berkesempatan mendapatkan pendanaan lain dari pihak-pihak yang bekerja sama dengan Ibisma.

"Ibisma juga memberikan pelatihan dengan lebih dari 20 kurikulum bersama mentor-mentor yang expert di bidangnya," tutupnya.

Read Next