logo

Kampus

UKDW Raih Peringkat Utama Klasterisasi Perguruan Tinggi

UKDW Raih Peringkat Utama Klasterisasi Perguruan Tinggi
Kampus Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta (EDUWARA/Dok. Biro Kerjasama dan Relasi Publik UKDW)
Redaksi, Kampus17 Maret, 2023 21:59 WIB

Eduwara.com, JOGJA -- Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta berhasil mencapai klaster utama pada klasterisasi perguruan tinggi tahun 2023. Hal ini berdasarkan surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kemendikbudristek Republik Indonesia Nomor: 0183/E5.5/AL.04/2023 tentang pengumuman Klasterisasi Perguruan Tinggi.

Dalam rilis yang dikirimkan ke Eduwara.com, Jumat (17/3/2023), dijelaskan bahwa klasterisasi ini berdasarkan hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dalam periode tahun 2019 hingga 2021. Data kinerja yang diperhitungkan merupakan data yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) perguruan tinggi.

Ketua LPPM UKDW, Wiyatiningsih, menyebutkan data kinerja yang diperhitungkan meliputi penulis (author), afiliasi (affiliation), jurnal (journal), penelitian (research), pengabdian kepada masyarakat (community service), kekayaan intelektual (intellectual property rights), dan buku (book).

“Klasterisasi perguruan tinggi ini digunakan sebagai metode dalam mengidentifikasi, mengukur kinerja, dan mengelompokkan perguruan tinggi, diharapkan dapat mengakselerasikan kinerja perguruan tinggi melalui skema-skema kolaborasi yang menyatukan dan menyinergikan potensi-potensi perguruan tinggi melalui kolaborasi antar perguruan tinggi lintas klaster dalam peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” terangnya.

Wiyatiningsih juga mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian ini, bukti bahwa ada peningkatan dan pengembangan atas kualitas dan kuantitas UKDW dalam segi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

Perkembangan teknologi modern dan perubahan situasi yang sangat dinamis menjadi tantangan bagi perguruan tinggi, khususnya UKDW, untuk semakin meningkatkan kinerjanya melalui penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yang selalu aktual dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

“Keunikan UKDW yang tercermin dalam karya-karya pengabdian masayarakat dan publikasi diharapkan dapat mewarnai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era digital saat ini,” pungkasnya. (*)

   

Read Next