logo

Kampus

UKDW Yogyakarta Gelar Seminar dan Workshop Metodologi Penelitian

UKDW Yogyakarta Gelar Seminar dan Workshop Metodologi Penelitian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Kristen Duta Wacana (LPPM UKDW) Yogyakarta, berkolaborasi dengan Unit Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) UKDW menggelar seminar & workshop metodologi penelitian “Mixed Method & Research and Development” pada Jumat (3/2/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian di UKDW. (EDUWARA/Dok. UKDW)
Redaksi, Kampus07 Februari, 2023 00:27 WIB

Eduwara.com, JOGJA -- Penelitian adalah suatu keharusan bagi para akademisi dalam upaya menciptakan produk-produk inovasi di tengah masyarakat, sehingga melalui produk inovasi yang dihasilkan akan meningkatkan daya saing bangsa. 

Dalam upaya meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) berkolaborasi dengan Unit Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) menggelar seminar & workshop metodologi penelitian “Mixed Method & Research and Development” pada Jumat (3/2/2023).

Dalam sambutannya, Wiyatiningsih selaku Ketua LPPM UKDW menyampaikan jika kegiatan tersebut bertujuan memberikan gambaran perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kekinian terkait perumusan metodologi penelitian yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing. 

“Semoga acara ini dapat memberikan manfaat yang baik dan berujung pada peningkatan produktivitas dalam mempublikasikan hasil penelitian. Tema ini diambil karena penelitian harus selalu berkembang termasuk metodologinya,” kata Wiyatiningsih dalam rilis yang dikirim ke Eduwara.com, Senin (6/2/2023).

Nasumber acara, dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Iwan Sudrajat mengatakan mixed methods adalah pendekatan penelitian yang bersifat pragmatis dan problem centered. Metode dan teori ini digunakan secara instrumental berdasarkan pada aplikabilitasnya terhadap proses investigasi yang sedang dilakukan.

Mixed methods merupakan prosedur penelitian yang melibatkan pengumpulan dan pengintegrasian data kualitatif dan kuantitatif dalam satu proyek. Asumsinya penggabungan kedua jenis data akan memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai fenomena yang sedang diteliti,” paparnya.

Tidak hanya pemaparan materi dan diskusi, acara dilanjutkan dengan sesi workshop yang dibagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan bidang penelitian. Masing-masing kelompok didampingi oleh Iwan Sudrajat, Paulus Insap Santosa dan Purwanto dari UGM. (*)

Read Next