logo

Sains

Unpad-Kemenkes Kolaborasi Riset Efektivitas dan Keamanan Vaksin Booster Covid-19

Unpad-Kemenkes Kolaborasi Riset Efektivitas dan Keamanan Vaksin Booster Covid-19
Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc., menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Pejabat Pembuat Komitmen BKPK Kemenkes RI Dewi Suryani di Execoutive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung, Jumat (18/3). (Unpad)
Bunga NurSY, Sains21 Maret, 2022 08:02 WIB

Eduwara.com, BANDUNG—Universitas Padjadjaran kembali melakukan kerja sama penelitian dengan Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kementerian Kesehatan RI terkait efektivitas dan keamanan vaksin booster Covid-19.

Perjanjian Kerja Sama mengenai kolaborasi penelitian tersebut ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc. dengan Pejabat Pembuat Komitmen BKPK Kemenkes RI Dewi Suryani pada Jumat (18/3/2022).

“Kami menyambut baik dan tentu saja ini menjadi bagian penting bagi Universitas Padjadjaran dalam visi kami bermanfaat dan mendunia,” ujar Hendarmawan seperti dikutip dari situs resmi Unpad, Jumat (18/3/2022).

Acara tersebut juga dihadriri Direktur Riset dan Pengabdian pada Masyarakat Prof. Rizky Abdulah, S.Si., Apt., PhD., tim BKPK Kemenkes RI, dan sejumlah peneliti yang melakukan penelitian tersebut.

Sementara itu, Kepala Pusat Kebijakan Upaya Kesehatan Kemenkes Pretty Multi Hartini berharap melalui kerja sama ini, perguruan tinggi dapat turut serta berkontribusi pada masyarakat dalam penanganan Covid-19.

“Semoga perguruan tinggi dapat bersama-sama memberikan kontribusi pada masyarakat,” ujar Pretty.

Tahun ini tim Fakultas Kedokteran Unpad menjadi bagian dalam penelitian efektivitas dan keamanan booster vaksin setengah dosis dan dosis penuh AstraZeneca dan Pfizer dengan vaksin primer AstraZeneca.

Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian tahun sebelumnya, yaitu penelitian efektivitas dan keamanan booster dosis penuh dan setengah dosis vaksin AstraZeneca dan Pfizer dengan vaksin primer Sinovac.

Hasil penelitian menunjukkan, setengah dosis vaksin booster terbukti memiliki efektivitas yang sama dengan dosis penuh, tetapi memiliki tingkat keamanan lebih tinggi dibandingkan dosis penuh.

“Untuk hasil tahun lalu sudah diimplementasikan untuk masyarakat secara  umum. Sekarang masyarakat itu mengunakan booster setengah dosis AstraZeneca dan Pfizer,” ujar peneliti utama tim riset vaksin booster FK Unpad Eddy Fadlyana.

Hasil penelitian tersebut dinillai dapat memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat, terutama dari segi biaya yang yang harus dikeluarkan pemerintah dan reaksi tubuh masyarakat pasca-vaksin.

“Untuk masyarakat, di samping antibodinya tinggi, tingkat kemanannya  ternyata jauh lebih tinggi dengan setengah dosis itu. Efektif sama tetapi tidak berbeda secara signifikan. Reaksi lokal maupun sistemik pasca-imunisasi jauh berkurang dengan setengah dosis itu dibandingkan yang full dose,” ungkap Eddy.

Eddy pun berharap penelitian lanjutan yang akan dilakukan oleh tim kembali membawa hasil positif bagi masyarakat.

“Harapannya langsung menjawab pertanyaan dari problem yang ada ada di kita, begitu tingginya angka reaksi lokal maupun sistemik setelah vaksin,” harapnya.

Sementara itu Prof. Dr. Kusnandi Rusmil, Dr., Sp. AK. MM selaku medical advisor penelitian ini mengatakan bahwa penelitian dan penerapan booster setengah dosisi ini merupakan yang pertama di dunia.

 

“Yang setengah dosis itu kita pertama kali di dunia. Jadi orang sudah mulai mengikuti kita,” ujar Prof. 

Read Next