logo

Kampus

UNS Beri Pembekalan Pelaksanaan KKN Bagi Mahasiswa

UNS Beri Pembekalan Pelaksanaan KKN Bagi Mahasiswa
Kepala UP-KKN, Sudibyo (kanan) menjawab pertanyaan mahasiswa terkait pelaksanaan KKN UNS periode Januari-Februari 2022 dalam Pembekalan Mahasiswa UNS Membangun Desa-KKN Tematik Periode Januari-Februari Tahun 2022, Rabu (12/1/2022) secara hybrid. (Eduwara.com/Dok. Istimewa Youtube UP KKN UNS Official)
Redaksi, Kampus13 Januari, 2022 05:10 WIB

Eduwara.com, SOLO–Unit Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (UP-KKN) UNS Solo menyelenggarakan Pembekalan Mahasiswa UNS Membangun Desa-KKN Tematik Periode Januari-Februari Tahun 2022, Rabu (12/1/2022). Acara itu dilaksanakan di Auditorium UNS serta melalui Zoom dan siaran langsung Youtube.

Pembekalan itu ditujukan kepada mahasiswa yang mengikuti program KKN periode Januari-Februari 2022. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. Dia mengatakan tema KKN yaitu membangun desa sesuai dengan salah satu program merdeka belajar kampus UNS.

“Salah satu aktivitas merdeka belajar adalah peduli membangun desa. Dari 16 kabupaten yang kami cermati mereka membutuhkan antara lain pengembangan UMKM secara digital. Selain itu desa-desa itu butuh pengentasan kemiskinan, dan program stunting seperti pendampingan ibu hamil sampai melahirkan. Seperti itulah yang dinginkan masyarakat desa,” kata dia.

Yunus menambahkan pola pelaksanaan KKN akan berbeda sesuai pemilihan program. Misalnya program UMKM akan berbeda dengan pemberantasan kemiskinan maupun penanganan stunting. Hal itu berdasarkan kesiapan desa, kampus, dan mahasiswa.

“Aktivitas-aktivitas yang kami lakukan dalam program membangun desa nantinya ada tim rekognisi. Tim rekognisi dengan penilaian kaprodi bertugas untuk merekognisi pelaksanan program menjadi input SKS,” tambah dia yang juga menjadi keynote speaker di acara tersebut.

Digitalisasi UMKM

Setelah pembukaan oleh Wakil Rektor, acara dilanjutkan pemaparan materi KKN. Materi yang disampaikan di antarannya digitalisasi UMKM, pengentasan kemiskinan, asistensi mengajar, projek kemanusiaan, serta proyek independen dan penelitian. Dalam kesempatan itu juga digelar tanya jawab antara pimpinan UP-KKN dan mahasiswa. 

Khresna Bayu Sangka memaparkan materi digitalisasi dalam Pembekalan Mahasiswa UNS Membangun Desa-KKN Tematik Periode Januari-Februari Tahun 2022, Rabu (12/1/2022) secara hybrid. (Eduwara.com/Dok. Istimewa Youtube UP KKN UNS Official)

 

Kepala UP-KKN, Sudibyo mengatakan pelaksanaan KKN UNS periode Januari-Februari 2022 dimulai tanggal 18 Januari hingga 28 Februri 2022. Kegiatan KKN dilaksanakan secara luring di lokasi yang sudah ditentukan.

“UNS melalui tim UP-KKN sudah melaksanakan MoU dengan kabupaten yang bersangkutan. Terkait penempatan mahasiswa akan dilaksanakan secara formal oleh rektor tanggal 18 Januari. Namun bagi yang masih ada kegiatan seperti penelitian bisa disesuaikan. Intinya pelaksanaan KKN minimal 45 hari,” jelas dia saat sesi tanya jawab acara tersebut.

Adapun terkait tes antigen untuk persyaratan di beberapa lokasi KKN, mahasiswa yang berdomisili di Solo akan difasilitasi oleh Rumah Sakit UNS (RS UNS). Sedangkan yang di luar Solo dipersilakan melakukan tes secara mandiri dan nantinya biaya tes akan diganti. (K. Setia Widodo)                                                                                    

Editor: Riyanta

Read Next