logo

Kampus

UNS Solo Gelar Kompetisi Balap Sepeda Gunung Tingkat Nasional

UNS Solo Gelar Kompetisi Balap Sepeda Gunung Tingkat Nasional
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar kompetisi sepeda gunung tingkat nasional bertajuk ‘Rektor Cup National Cross Country MTB Competition UNS #1, pada 18-19 Juni 2022. EDUWARA/Humas UNS (EDUWARA/Humas UNS)
Redaksi, Kampus17 Juni, 2022 21:12 WIB

Eduwara.com, SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan mengadakan kompetisi sepeda gunung tingkat nasional. Kompetisi tersebut bertajuk ‘Rektor Cup National Cross Country MTB Competition UNS #1’. Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari pada 18-19 Juni 2022 itu masih dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-46 UNS.

Kompetisi sepeda gunung tingkat nasional ini dinakhodai oleh Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) PMPA Ajusta Brata Fakultas Teknik (FT) UNS yang berkolaborasi dengan Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI). Selama dua hari, para peserta akan berkompetisi di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo UNS, Mojogedang, Karanganyar.

Ketua Panitia, Maulana Al-Ghifari mengatakan bahwa Rektor Cup National XC MTB Competition UNS #1 adalah kompetisi balap sepeda gunung yang memfokuskan pada cabang lomba XC (Cross Country).

“Kompetisi ini dapat diikuti oleh masyarakat umum baik atlet maupun pemula yang terdiri dari lima kategori. Kelima kategori tersebut adalah Man Junior untuk usia 17-18 tahun, mahasiswa putra usia 17-22 tahun, Man Open umur 19-34 tahun, Master A usia 35-45 tahun, dan Master B dengan usia 46 tahun ke atas,” jelas Maulana seperti dilansir Eduwara.com Jumat (17/6/2022) dari laman resmi UNS Solo.

Dampak Positif

Peserta kompetisi, lanjut dia, berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, seperti Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Yogyakarta. Berdasarkan keseluruhan kategori, kompetisi tersebut diikuti oleh 100-an peserta dari berbagai klub sepeda di Indonesia.

Pada hari pertama, Sabtu (18/6/2022) peserta akan melakukan registrasi ulang dan technical meeting. Kemudian, pada hari kedua, Minggu (19/6/2022) akan dilaksanakan pembukaan acara, dilanjutkan kompetisi dengan lima kategori, dan penutup sekaligus pengumuman pemenang.

“Acara ini juga memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar karena dapat sebagai sarana dalam pengembangan potensi UMKM lokal, salah satunya adalah Masyarakat Peduli Api (MPA),” imbuh dia.

Sementara itu, Pembina PMPA Ajusta Brata, Lobes Herdiman, mengatakan kompetisi itu bertujuan sebagai sarana penyaluran minat dan bakat masyarakat Indonesia dalam olahraga Mountaine Bike cabang Cross-Country Olympic. Selain itu juga sebagai sarana promosi KHDTK UNS.

“Melalui kompetisi ini juga diharapkan dapat mewadahi minat dan mengasah kemampuan atlet balap sepeda di tingkat nasional dan sarana penyaringan atlet balap sepeda tingkat nasional yang berkualitas terutama di bidang Cross-Country. Selain itu juga dapat memberikan ruang apresiasi kepada para atlet balap sepeda dan dapat meningkatkan pengunjung wanawisata KHDTK Gunung Bromo UNS,” tutur dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next