logo

Kampus

UPN Tiga Kota Gelar Porsimnas Wimaya

UPN Tiga Kota Gelar Porsimnas Wimaya
Tiga kampus UPN di Yogyakarta, Jakarta dan Surabaya berkolabasi Porsimnas Wimaya rencanakan dijadwalkan pada 17-28 Mei 2022 untuk menumbuhkembangkan inisiatif dan daya kreativitas yang inovatif di kalangan mahasiswa era milenial. (EDUWARA/Humas UPN Veteran Yogyakarta)
Setyono, Kampus03 Maret, 2022 20:40 WIB

Eduwara.com,J OGJA – Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPNV) dari tiga kota berkolaborasi menggelar Pekan Olahraga, Seni, dan Ilmiah Mahasiswa Nasional Widyat Mwat Yasa (Porsimnas Wimaya).

Tiga kampus yang berkolaborasi yaitu Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY), Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta (UPNVJ) dan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur (UPNVJT).

Porsimnas Wimaya direncanakan dijadwalkan pada 17-28 Mei 2022. Pembukaan akan dilaksanakan di UPN Yogyakarta, sedangkan untuk penutupannya akan dilakukan di UPN Jawa Timur.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Perencanaan (KKSP) UPN Yogyakarta Singgih Saptono memaparkan tujuan Porsimnas Wimaya adalah menumbuh kembangkan inisiatif dan daya kreativitas yang inovatif di kalangan mahasiswa era milenial.

"Dengan tema 'Widya Mwat Yasa' yang diambil sesanti sekaligus identitas ketiga kampus UPN, yang bermakna menuntut ilmu untuk didarmabaktikan bagi pembangunan bangsa dan negara," kata Singgih, Kamis (3/2/2022).

Karenanya, diharapkan output yang dihasilkan Porsimnas Wimaya diperuntukkan bagi kebermanfaatan bangsa. Selain meningkatkan kualitas dan prestasi mahasiswa di tingkat regional maupun nasional, kegiatan ini merupakan implementasi sinergi ketiga UPN.

"Ada tiga bidang yang nantinya diperlombakan di Porsimnas Wimaya yaitu olahraga, senin, dan penelitian ilmiah," lanjut Singgih.

Penyelenggaraan bidang olahraga akan dilaksanakan di UPN Jawa Timur dengan cabang yang diperlombakan renang, bola basket, bulutangkis, karate, pencak silat, bola voli, taekwondo, futsal dan E-Sport. Pelaksanaan berlangsung dua minggu.

UPN Yogyakarta akan menjadi tuan rumah untuk bidang seni yang terdiri dari kompetisi marching band, paduan suara, MTQ, tari tradisional maupun modern, fotografi dan sinematografi.

Pelaksanaan bidang ilmiah diambil UPN Jakarta yang melombakan ilmiah riset dalam bidang Humaniora dan Saintek, Penerapan IPTEK, Kewirausahaan, Pengabdian Masyarakat, Karya Cipta, Gagasan Futuristik, dan Gagasan Tertulis.

Selain itu, terdapat cabang Kontes Robot baik itu robot terbang, robot cerdas, hingga robot sepak bola. Ada pula KKN Bela Negara dengan lomba poster dan film dokumenter, Olimpiade Bela Negara dalam bentuk pidato, debat, dan essay, hingga Kewirausahaan melalui Bisnis Plan dan Pitching bagi usaha industri kuliner, kreatif, jasa, teknologi, dan budidaya.

Ketiga kampus, menurut Singgih, sepakat bahwa benang merah pelaksanaan Porsimnas Wimaya adalah untuk meningkatkan Indikator Kinerja Universitas (IKU) di Bidang Prestasi Mahasiswa.

"Ke depan diharapkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bisa dikelola bersama-sama ketiga UPN sehingga target-target yang ingin dicapai bisa terealisasikan. Khususnya meningkatkan prestasi di bidang ilmiah, seni, dan olahraga," pungkasnya.

Read Next