logo

Kampus

Usung Asap Cair Limbah Organik Berbasis Kakao, Mahasiswa UNS Solo Raih Juara 1 Lomba Esai Nasional

Usung Asap Cair Limbah Organik Berbasis Kakao, Mahasiswa UNS Solo Raih Juara 1 Lomba Esai Nasional
Mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi FKIP UNS Solo, Tegar Ramadani. (EDUWARA/Humas UNS)
Redaksi, Kampus25 Januari, 2023 21:29 WIB

Eduwara.com, SOLO – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Tegar Ramadani berhasil meraih juara 1 Nahdlatul Ulama Fair National Essay Competition.

Kompetisi tersebut diadakan oleh Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Universitas Jember pada Senin (23/1/2023). 

Kompetisi yang dilaksanakan secara daring ini mengusung tema “Kontribusi Generasi Muda Islam sebagai Upaya Produktif dalam Bertransformasi Pascapandemi Covid-19.” Kompetisi ini diselenggarakan untuk menemukan gagasan-gagasan yang bermanfaat pascapandemi Covid-19.

Tegar menyampaikan bahwa kompetisi itu berjalan dengan baik dan lancar. Dia mengusung gagasan tentang asap cair limbah organik berbasis tanaman kakao.

“Karya yang dibuat sehingga dapat memenangkan kompetisi ini, yakni asap cair limbah organik cair berbasis tanaman kakao. Asap cair ini dibuat dengan maksud mendukung pertanian ramah lingkungan melalui pembuatan pestisida nabati,” terang Tegar seperti dilansir Eduwara.com, Rabu (25/1/2023), dari laman UNS Solo.

Tegar mengaku senang atas prestasi yang diraihnya. Sebagai juara satu, dia senang dan tidak menyangka bisa menyisihkan lebih dari 40 tim mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Ke depan, Tegar berharap dirinya bisa lebih berkembang dan giat. “Semoga bisa lebih berkembang dan meningkatkan optimalisasi diri lebih giat lagi,” harap dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next