logo

Kampus

Viral Aksi Hapus Email Demi Bumi, Begini Tanggapan Dosen UNS Solo

Viral Aksi Hapus Email Demi Bumi, Begini Tanggapan Dosen UNS Solo
Dosen Prodi Pengelolaan Hutan FP UNS Solo, Yus Andhini Bhekti Pertiwi, S.Hut., M.Sc., Ph.D. (UNS)
Redaksi, Kampus20 April, 2022 15:28 WIB

Eduwara.com, SOLO – Jelang peringatan Hari Bumi pada 22 April 2022, lini masa media sosial Twitter tengah diramaikan dengan tagar Let The Earth Breathe. Adapun tagar Let The Earth Breathe merupakan pengingat akan urgensi menyelamatkan kondisi bumi yang semakin kritis.

Kemudian mencuatlah gerakan menghapus email sebagai salah satu cara yang mudah untuk membantu menyelamatkan bumi. Netizen pun menjadi ramai memperbincangkan terkait hal ini. Lantas, benarkah demikian?

Merespon hal tersebut, Dosen Program Studi (Prodi) Pengelolaan Hutan Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Yus Andhini Bhekti Pertiwi mengungkapkan bahwasanya menghapus email yang tidak penting dan tidak diinginkan merupakan salah satu tindakan kecil yang dapat mengurangi penggunaan listrik.

“Listrik menyumbang 25 persen emisi global, email termasuk salah satunya. Ini karena menggunakan email, sama seperti apapun yang kita lakukan dengan menggunakan internet, menghasilkan emisi,” ujar Dhini seperti yang dilansir dari laman web resmi UNS Solo, Rabu (20/04/2022).

Sementara itu, Dhini juga menerangkan, email yang terkirim akan tersimpan dalam server. Dalam menjalankan server diperlukan listrik. Sebagaimana yang kita ketahui, listrik yang saat ini digunakan berasal dari bahan bakar fosil, sehingga pembakarannya menghasilkan CO2 dan gas rumah kaca lainnya.

“Dengan demikian, yang menjadi masalah adalah bukan emailnya tetapi sumber energi yang digunakan untuk menjalankan server tersebut, energi yang berasal dari bahan bakar fosil ataukah energi terbarukan,” tambah dia.

Dhini pun turut mengajak untuk tidak hanya sekadar menghapus email, tetapi penting pula untuk membangun Eco-friendly Email and Internet Habit

Adapun cara menghapus email bisa dilakukan dengab masuk ke akun email pribadi. Kemudian pilih menu kotak masuk, pilih simbol kotak pada bagian kiri atas dan pilih kategori pesan yang ingin dihapus.

Setelah mencentang pesan yang ingin dihapus, pilih simbol “Hapus”. Setelah itu pindah ke menu “Sampah”, centang simbol kotak pada bagian kiri atas. Terakhir pilih opsi “Hapus Selamanya”. (K. Setia Widodo)

Read Next