logo

Kampus

Warga Pondok Cina Dapat Edukasi Omicron dari Fakultas Farmasi UI

Warga Pondok Cina Dapat Edukasi Omicron dari Fakultas Farmasi UI
Warga Kelurahan Pondok Cina saat menyimak edukasi dari Fakultas Farmasi Universita Indonesia terkait varian Omicron dalam kegiatan bakti sosial di Kantor Kelurahan Pondok Cina. (EDUWARA/Humas UI)
Bhakti Hariani, Kampus05 Januari, 2022 20:30 WIB

Eduwara.com, DEPOK -- Kehadiran Omicron, yang merupakan varian virus Covid-19, bagi sebagian orang meresahkan. Hal ini karena belum banyak yang diketahui tentang varian baru dari virus Covid-19 ini. 

Omicron memiliki kemampuan menular dengan cepat sehingga perlu pencegahan ekstra terhadap varian virus ini. Menurut Dosen Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FF UI) Heri Setiawan, segera melakukan vaknisasi lengkap adalah salah satu cara melindungi diri dari varian Omicron.

“Transmisi virus ini juga perlu ditekan, untuk mencegah agar tidak timbul mutasi-mutasi berikutnya, yakni dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak, memakai masker, serta tidak berkerumun di ruang tertutup dan yang memiliki ventilasi buruk,” ujar Heri dalam kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) UI kepada warga Kelurahan Pondok Cina di Kantor Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (5/1/2022).

Diungkap Heri, vaksinasi perlu dilakukan dalam upaya untuk mencegah tingkat keparahan dan mengurangi perawatan di rumah sakit.

Sekretaris Kelurahan Pondok Cina Santoso Lilik mengungkapkan bahwa warganya telah menantikan kegiatan bakti sosial ini. Hal ini karena warga ingin mendapatkan informasi yang valid terkait virus Covid-19 varian Omicron. 

“Kami berterima kasih atas kepedulian UI. Semoga membawa manfaat untuk kita semua,” kata Lilik.

Kegiatan bakti sosial ini merupakan bagian dari rangkaian pengabdian masyarakat (Pengmas) FF UI bertema “Program Sehat Lawan Covid-19” pada tahun 2021, yang diketuai oleh Berna Elya, dan juga Tim Pengmas FFUI. 

Warga yang hadir mendapatkan bingkisan dari Fakultas Farmasi UI berupa paket sehat berisi makanan siap saji, masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan, vitamin, dan madu kepada 100 orang warga Kelurahan Pondok Cina. Selain paket sehat, tim FF UI juga membagikan brosur berisi imbauan untuk tetap menjaga protokol kesehatan. 

Read Next