logo

Kampus

Rektor UNS Resmikan Nama Baru Gedung di Lingkungan Kampus

Rektor UNS Resmikan Nama Baru Gedung di Lingkungan Kampus
Peresmian nama-nama baru untuk sejumlah gedung di lingkungan UNS Solo, Jumat (1/4/2022). (EDUWARA/Humas UNS)
Redaksi, Kampus03 April, 2022 21:42 WIB

Eduwara.com, SOLO – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jamal Wiwoho, meresmikan nama baru untuk sejumlah gedung di lingkungan UNS, Jumat (1/4/2022). Penamaan gedung di lingkungan UNS tersebut telah diatur dalam Keputusan Rektor UNS No. 12/UN27/HK/2022, yang ditetapkan pada 4 Januari 2022.

Acara peresmian, yang juga menjadi rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-46 UNS, bertempat di Auditorium Fakultas Kedokteran (FK) UNS. Peresmian juga disiarkan melalui kanal YouTube UNS. Turut hadir pimpinan UNS dan para ahli waris tokoh UNS yang namanya diabadikan sebagai nama-nama gedung di lingkungan UNS.

Jamal, dalam sambutannya, berterima kasih kepada para pihak yang turut memberikan inspirasi dalam penamaan gedung-gedung tersebut. Dengan penamaan Gedung-gedung di lingkungan UNS, dia berharap seluruh sivitas akademika juga bisa mengenal figur dan jasa para tokoh yang namanya diabadikan.

“Kita ubah dengan nama-nama yang mengharumkan di tingkat nasional, internasional, dan tingkat lokal di universitas, yang mengembangkan UNS dengan luar biasa,” tutur Jamal dalam siaran pers yang dilansir Eduwara.com, Sabtu (2/3/2022) dari laman web resmi UNS Solo.

Pada acara itu, UNS Solo secara khusus mengundang para ahli waris dari nama-nama yang diabadikan di gedung tingkat fakultas maupun universitas. Jamal berharap kepada seluruh dosen bisa menerangkan kepada mahasiswa terkait nama-nama tokoh yang digunakan dalam penamaan gedung.

“Setidaknya pemakaian nama tersebut akan membawa kenangan harum. Kalau di lingkungan masyarakat kita ada istilah aja dadi kacang sing lali karo kulite. Jangan sampai mahasiswa, guru, dosen, tenaga kependidikan kita tidak tahu nama-nama itu. Nama-nama harum itu harus kita abadikan dengan terbiasa kita berikan kepada khalayak,” harap dia.

Sebagai acara inti, pembacaan Surat Keputusan (SK) Rektor tentang Penamaan Gedung di Lingkungan UNS disaksikan oleh para Pimpinan UNS dan ahli waris. Acara berlanjut dengan penayangan video peresmian nama gedung di masing-masing fakultas dan unit. Dalam acara ini, UNS turut memberikan penghargaan berupa piagam kepada seluruh ahli waris.

Terdapat sebanyak 28 gedung di lingkungan UNS yang diberi nama sesuai dengan nama tokoh nasional dan tokoh UNS. Pengabadian nama-nama tokoh sebagai nama gedung merupakan upaya dalam mengenang jasa dan kontribusi besar mereka terhadap kemajuan UNS.

Adapaun nama-nama baru untuk gedung di tingkat kampus yaitu Gedung Haryono Darmowisastro (Gedung Pusbangnis – UNS Kleco), Gedung Haris Mudjiman (Gedung LPPM/LPPMP), Gedung Ki Hadjar Dewantara (Gedung UNS Tower), Gedung Sri Handayani (Gedung UPT Laboratorium Terpadu), Gedung R Ng Ranggawarsita (Gedung PUI Javanologi), Gedung R Ng Yosodipuro (Pendapa PUI Javanologi), Gedung Ki Padmasusastra (Gedung UPT Perpustakaan).

Kemudian nama gedung baru di tingkat fakultas antara lain Gedung HB Sutopo (Gedung 2 Fakultas Seni Rupa dan Desain), Gedung Prajitno (Gedung I Fakultas Hukum), Gedung Soetjipto (Gedung A Fakultas Kedokteran), Gedung Supratoyo (Gedung B Fakultas Pertanian), dan Gedung Soepiarto (Gedung Fakultas Keolahragaan).

Ada pula Gedung M Sartono (Gedung 1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Gedung RI Mujanto (Gedung I Fakultas Ilmu Budaya), Gedung RPM Kasifudin (Gedung III Fakultas Teknik), Gedung Soeharno TS (Gedung I Fakultas Ekonomi dan Bisnis), dan Gedung Semarno (Gedung F Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). (K. Setia Widodo/*)

Read Next