Akhmad Sodiq Ditunjuk Jadi Plt Rektor Unsoed

10 Mei, 2022 23:40 WIB

Penulis:Redaksi

Editor:Ida Gautama

10052022-Unsoed Sertijab Rektor.jpg
Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Suwarto melepaskan jabatan dan tugas dan menyerahkannya kepada Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Akhmad Sodiq, di Ruang Rapat Lantai I Rektorat Unsoed, Senin (9/5/2022). (EDUWARA/Humas Unsoed)

Eduwara.com, PURWOKERTO – Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Suwarto melepaskan jabatan dan tugas dan menyerahkannya kepada Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unsoed Akhmad Sodiq, di Ruang Rapat Lantai I Rektorat Unsoed, Senin (9/5/2022).

Acara serah terima jabatan tersebut dihadiri para Wakil Rektor, para Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Kepala Badan dan Ketua Satuan Pengawas Internal di lingkungan Unsoed, para Kepala Biro Administrasi dan Unit Pelaksana Teknis.

Dalam laman resmi Unsoed, Senin (9/5/2022), Rektor Masa Bhakti 2018–2022 Suwarto menyampaikan tidak terasa empat tahun telah berlalu, sejak dirinya mendapatkan amanah dari pemerintah untuk memimpin universitas yang dia cintai dan banggakan.  

Empat tahun yang penuh dengan cerita dan dinamika, untuk mengikhtiarkan yang terbaik dalam pelayanan kepada publik, khususnya di bidang pendidikan tinggi. 

“Alhamdulillah, atas izin dari Allah SWT dan bersama-sama semua pihak, kita bahu membahu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, mutu penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Melalui semua keterbatasan dan situasi yang ada, kita semua seia-sekata untuk dapat terus unjuk kinerja sebagai wujud kontribusi kepada masyarakat atas kepercayaan yang diberikan kepada Unsoed,” ungkapnya.

Menurut Suwarto, kebersamaan menjadi tulang punggung sekaligus landasan untuk meraih apa yang bisa ditetapkan sebagai tujuan. Apalagi pada periode ini, Unsoed berada dalam situasi khusus, yakni menghadapi pandemi Covid-19 yang begitu ekstra luar biasa. 

Pada era ini pula, lanjut Suwarto, Unsoed sedang memulai transformasi dalam kebijakan pendidikan tinggi, yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pada masa ini pula, Unsoed juga berkarya dalam mekanisme indikator kinerja yang terukur dan akuntabel.

Dalam kesempatan tersebut Suwarto menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga kepada seluruh wakil rektor, kepada pimpinan dan pengelola unit fakultas, pascasarjana, lembaga, jurusan, program studi, laboratorium serta pimpinan biro administrasi dan unit-unit pelaksana teknis yang telah dengan luar biasa berkomitmen dalam menerjemahkan kontrak kinerja Unsoed dengan kementerian. 

Suwarto juga menyampaikan terima kasih kepada Staf Rektorat, baik Staf Sekretariat maupun Staf Ahli serta semua pihak di Rektorat maupun Kantor Pusat yang telah membantu pelaksanaan tugas-tugasnya selama bertugas empat tahun ini.

Sinergi dan Kolaborasi

Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unsoed Akhmad Sodiq menyampaikan bahwa berdasarkan Surat Perintah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No. 28160 Tahun 2022, maka terhitung sejak 4 Mei 2022, dia mendapatkan tugas sebagai Pelaksana Tugas Rektor Unsoed, dengan tugas melaksanakan tugas sehari-hari pimpinan universitas sampai ditetapkannya pejabat definitif. 

“Dalam kesempatan yang baik ini, kami mengajak kita semua untuk saling bersinergi dan berkolaborasi dalam tugas dan peran masing-masing. Harapannya tentu saja, agar Unsoed secara kelembagaan dapat selalu dipercaya sebagai institusi yang  amanah, khususnya dalam peningkatan kualitas mahasiswa dan lulusan, kualitas dosen serta kualitas kurikulum dan pembelajarannya,” ungkap Sodiq.

Lebih lanjut Sodiq secara khusus menyampaikan apresiasi kepada Suwarto, selaku Rektor ke-11 Unsoed yang telah memimpin dan membersamai Unsoed selama kurun waktu 2018-2022. 

“Beliau memimpin dalam situasi yang penuh dengan perubahan dan tantangan yang begitu luar biasa. Namun, alhamdulillah semua dapat terselenggara dengan sebaik-baiknya. Oleh karenanya, kami atas nama pribadi dan juga pimpinan universitas, menyampaikan terima kasih kepada Prof Suwarto, atas jasa-jasa beliau memimpin Unsoed selama empat tahun terakhir,” ujarnya.