logo

Kampus

Panut Mulyono Pamit Sebagai Rektor UGM

Panut Mulyono Pamit Sebagai Rektor UGM
Tangkapan layar, pada acara halal bihalal yang diselenggarakan Senin (9/5/2022), Panut Mulyono resmi berpamitan sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (EDUWARA/Setyono)
Setyono, Kampus10 Mei, 2022 05:04 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Dalam acara halal bihalal yang diselenggarakan Senin (9/5/2022), Panut Mulyono resmi berpamitan sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Panut meminta Rektor baru yang terpilih nanti meneruskan perjuangan UGM dan berkontribusi lebih besar bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

"Saya memohon pamit kepada warga UGM dan alumni. Sebagai pimpinan UGM saya masih akan melanjutkan kepemimpinan hingga 27 Mei besok serah terima dengan Rektor baru," katanya.

Bagi Panut, prestasi dan keberhasilan yang diraih UGM dalam lima tahun terakhir ini bukan karena dirinya. Namun keberhasilan team work dari perangkat Rektorat, Senat Akademik, Dewan Guru Besar dan seluruh warga UGM.

"Pekerjaan besar yang tersisa masih banyak, dengan rektor baru terpilih, alumni dan jejaring yang luas, harapan UGM dapat lebih bermanfaat dan berkontribusi besar bagi bangsa," urainya.

Dalam sambutannya, Panut menyampaikan halal bihalal yang diselenggarakan tahun ini akan semakin memperkuat persaudaraan, kekeluargaan, serta kohesi sosial yang sempat terganggu akibat pandemi selama dua tahun terakhir.

"Harapannya suasana bisa terus membaik dan tidak ada kenaikan kasus sehingga memberikan optimisme bagi masyarakat dan pemerintah dalam usaha percepatan pemulihan ekonomi nasional," jelasnya.

Dengan kondisi yang semakin membaik, Panut berharap ke depan kegiatan perkuliahan dapat diperbanyak dalam bentuk luring. Sebab, kegiatan perkuliahan secara luring sangat efektif dalam mentransfer soft skill serta sifat dan nilai baik dari para dosen dan tenaga kependidikan pada mahasiswa melalui interaksi secara langsung.

"Kendati begitu, UGM akan terus menerapkan teknologi pembelajaran secara daring yang efektif dan efisien," pesannya.

Dirjen Dikti Kemendikbudristek Nizam, memberikan ucapan Idulfitri dan pesan bagi seluruh civitas UGM. Ia berpesan warga UGM terus semangat dalam berkarya bagi bangsa dan negara. Bekerja sama mewujudkan semangat UGM dalam membangun persatuan, kemajuan bangsa dan negara.

Turut hadir menyampaikan ucapan Idulfitri secara daring Ketum KAGAMA sekaligus Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Dalam proses seleksi untuk Rektor UGM periode 2022-2027, ada enam yang lolos seleksi untuk kemudian dipilih pada 20 Mei nanti oleh Wali Amanat. Enam nama yang lolos seleksi Senat Akademik yaitu Ali Agus, Bambang Agus Kironoto, Deendarlianto, Ova Emilia, Sigit Riyanto, dan Teguh Budipitojo.

Read Next