Jelang Akhir Kepengurusan, UPKD FKIP UNS Gelar Farewell Party

16 Januari, 2022 22:45 WIB

Penulis:Redaksi

Editor:Riyanta

1601FKIP UNS1.jpg
Pementasan drama bahasa Jawa dalam acara Farewell Party yang digelar UKM UPKD FKIP UNS, Kamis (13/1/2022) malam di Gedung E FKIP UNS. (Eduwara.com/K. Setia Widodo)

Eduwara.com, SOLO–Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unit Pengembangan Kesenian Daerah (UPKD) FKIP UNS menggelar acara Farewell Party, Kamis (13/1/2022) malam, di Gedung E FKIP UNS.

Menurut ketua pelaksana, Eka Tuti Setyawati, acara itu merupakan puncak dari dua rangkaian acara sebelumnya. “Farewell Party merupakan acara puncak dari dua acara sebelumnya yaitu Pentas Pengkaryaan dan Munggah Sampur. Kedua acara itu semacam ujian dari hasil latihan rutin karawitan dan tari bagi anggota angkatan 2021. Untuk Pentas Pengkaryaan dan Munggah Sampur kami laksanakan Kamis siang di Kelurahan Gilingan,” kata dia ketika diawancarai Eduwara.com di sela-sela acara itu.

Acara Farewell Party menampilkan geguritan dan drama bahasa Jawa dari berbagai angkatan. Selain itu diadakan UPKD’s Award yang bertujuan memberikan penghargaan kepada pengurus berdasarkan nominasi yang sudah ditentukan panitia.

“Pemilihan nama nomine disengaja agak nyleneh karena bertujuan untuk bersenang-senang sebelum menjadi demisioner. Nominasi yang diberikan antara lain terbuaya, terbucin, terlola, dan teraniaya. Untuk pemilihannya kami menggunakan sistem vote,” kata dia.

Keakraban

Sementara itu, Ketua Umum UPKD, Tino Widya menjelaskan pada intinya Farewell Party menjadi acara pelepasan kepengurusan periode 2021. “Selain itu juga menambah keakraban antara pengurus, anggota, dan alumni UPKD. Kemudian terkait UPKD’s Award sebenarnya hanya tambahan biar lebih gayeng,” jelas dia.

Pementasan karawitan dalam acara Pentas Pengkaryaan yang digelar UKM UPKD FKIP UNS, Kamis (13/1/2022) di Kelurahan Gilingan. (Eduwara.com/Dok. Istimewa UPKD FKIP UNS)

 

Mengenai acara yang diselenggarakan Kamis siang, dia menjelaskan hal itu terkait dengan dua divisi yang ada di UPKD yaitu tari dan karawitan. Tino menambahkan kelompok karawitan yang tampil di Pentas Pengkaryaan memainkan gending Ladrang Wilujeng, Lancaran Gugur Gunung dan Lancaran Serayu. Sedangkan kelompok tari pada Munggah Sampur menampilkan tari Golek Marikangen dan tari kontemporer.

Sebagai ketua periode 2021, Tino mengaku sangat beruntung karena bisa berproses bersama teman-teman UPKD. Banyak pengalaman yang dia dapatkan dari awal hingga akhir kepengurusan. Dia berharap kepengurusan selanjutnya bisa semakin berkembang, tambah guyub, dan tetap semangat dalam berkarya sehingga bisa mempererat persaudaraan. (K. Setia Widodo)