logo

EduBocil

250 Siswa TK Se-Soloraya Ramaikan Berbagai Lomba yang Digelar SD Ta'mirul Islam

250 Siswa TK Se-Soloraya Ramaikan Berbagai Lomba yang Digelar SD Ta'mirul Islam
Penyerahan piala dan piagam kepada pemenang lomba TK se-Soloraya di SD Ta'mirul Islam Solo. Eduwara.com/ Istimewa. Dok. SD Ta'mirul Islam Solo.
Redaksi, EduBocil29 November, 2021 21:10 WIB

Eduwara.com, SOLO—Sebanyak 250 siswa dari sejumlah TK se-Soloraya mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh SD Ta'mirul Islam Solo, 4-22 November 2021). Lomba siswa yang dilaksanakan secara daring itu terdiri dari lomba hafalan Alquran surat pendek, mewarnai, gerak dan lagu, serta menyanyi lagu nasional.

Ketua panita lomba, Nur Mahmud, menjelaskan lomba tersebut dilakukan secara daring karena pandemi Covid-19. "Kami belum mendapat izin untuk melaksanakan lomba secara daring" ujar Mahmud saat dihubungi Eduwara.com, Senin (29/11/2021).

Seluruh peserta lomba mengumpulkan karyanya dengan cara mengunggah video di Instagram dan YouTube. Pengumpulan karya lomba mulai dari tanggal 4 sampai 16 November 2021.

"Untuk teknisnya, peserta lomba mengisi formulir di Google Form yang kami sediakan. Kemudian mereka baru mengumpulkan karyanya secara daring," ucap Mahmud yang juga guru Pendidikan Agama Islam itu.

Mahmud melanjutkan, khusus lomba mewarnai pengumpulan karyanya dilakukan secara luring. Bagi peserta lomba seni mewarnai ini disediakan gambar oleh panitia dengan cara mengunduh di laman yang sudah diberikan. Jika sudah diwarnai, peserta mengumpulkan secara langsung di SD Ta'mirul Islam.

"Batas pengumpulan karya lomba, Selasa (16/11/2021). Lalu penjurian pada tanggal 17-22 November 2021. Untuk lomba mewarnai, kami berkerja sama dengan pihak luar yang kami anggap lebih ahli untuk melakukan penilaian," paparnya.

Penyerahan Piala

Pemenang lomba diumumkan secara daring melalui kanal YouTube SD Ta'mirul Islam Solo pada Senin (22/11/2021). Sedangkan penyerahan piala dilaksanakan secara luring di SD Ta'mirul Islam Solo, Sabtu (27/11/2021).

Adapun juara I lomba mewarnai diraih oleh Kanaya Ayundya, siswa TK Mutiara Hati; Juara II diperoleh Rahil Najah Solehah, siswa TK Pembina Bendosari; Juara III diraih oleh Hanifah Fairuz Tama, siswa TK 01 Muslimat NU.

Penyerahan piala dan piagam kepada pemenang lomba TK se-Soloraya di SD Ta'mirul Islam Solo. Eduwara.com/ Istimewa. Dok. SD Ta'mirul Islam Solo.

 

Nayla Cadenza, siswa TK Aisyah Budi Mulia berhasil menjadi Juara I lomba menyanyi lagu nasional. Sedangkan Juara II jatuh kepada Rania Azahra, siswa TK Aisyiyah Pucangan 01. Juara III diraih oleh Aura Brylea Chavalis, siswa TK Az Zahra Pajang.

Tim siswa TKIT Istiqomah Juara I lomba gerak lagu. Juara II diperoleh tim siswa TK Islam Bakti 02. Juara III diraih oleh tim siswa TK MTA Jebres. 

Sementara itu, lomba hafalan Alquran surat pendek, Juara I diraih oleh Ahmad Yunus Almurtadlo, siswa TK Home Schooling. Juara II didapat oleh Alzena Gaoqi Tasane, siswa RA Taqyya Kartasura. Juara III disabet Fatiha Mumtazah Susilo, siswa TK Islam Terpadu Istiqomah.

Menurut Mahmud, pemenang lomba hafalan Alquran surat pendek sebenarnya ada kesalahan. Hal itu karena juara I pada kategori lomba tersebut ternyata diraih oleh TK di luar Soloraya. Meski demikian, tetap diberikan juara. 

"Hal itu baru diketahui setelah kami mengundang para juara untuk hadir di SD Ta'mirul Islam. Ternyata juara I lomba hafalan surat pendek tidak dapat hadir karena berasal dari Malang, Jawa Timur. Akhirnya kami kirimkan ke rumahnya. Itu menjadi bahan evaluasi kami ke depannya agar lebih teliti lagi," tegas Mahmud.

Mahmud berharap, dengan adanya ajang ini dapat mengasah kemampuan anak-anak TK se-Soloraya. Selain itu sebagai bentuk pengenalan kepada siswa-siswa TK kepada SD Ta'mirul Islam Solo. (M Diky Praditia)

 

 

 

Editor: Riyanta

Read Next