logo

Kampus

Bagus Takwin Jabat Dekan Fakultas Psikologi UI 2021-2025

Bagus Takwin Jabat Dekan Fakultas Psikologi UI 2021-2025
Bagus Takwin terpilih sebagai Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia periode 2021 – 2025. (Universitas Indonesia)
Redaksi, Kampus18 November, 2021 17:04 WIB

Eduwara.com, DEPOK—Bagus Takwin terpilih sebagai Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia periode 2021 – 2025. 

Bagus mengungguli empat kandidat lainnya, yaitu Dyah T. Indirasari, Elizabeth Kristi Poerwandari, Endang Parahyanti, dan Eri Radityawara Hidayat. 

Dalam pemaparannya di proses asesmen yang dilakukan oleh Rektor UI bersama sekretaris universitas dan para wakil rektor, Bagus menjelaskan tentang presentasi berjudul Fakultas Psikologi UI yang Diakui Secara Global, Inovatif, Berdaya Saing, dan Mengakar Kuat Dalam Semua Aspek Pembangunan Indonesia, Serta Melayani Masyarakat yang Beragam di Indonesia.

Untuk mencapai visi ini, Bagus menggunakan model pengembangan yang mendukung UI dalam mencapai tujuan sebagai entrepreneurial university

“Dalam model ini, mindset kewirausahaan akan dibentuk melalui pembiasaan cara berpikir interdisipliner, penguatan soft skill, serta penanaman pola pikir terbuka,” kata Bagus dalam siaran pers yang diterima redaksi Eduwara.com, Rabu (17/11/2021). 

Bagus Takwin menuturkan, dibawah kepemimpinannya, riset juga akan diarahkan ke peningkatan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat dan industri. 

Selanjutnya, dalam bidang ekstrakurikuler, mahasiswa akan didorong untuk berkompetisi di berbagai forum nasional dan internasional agar bisa berjejaring dan meningkatkan kemampuannya.

Adapun, untuk aspek internal kampus, Fakultas Psikologi UI akan melengkapi infrastruktur pengembangan riset dan kewirausahaan dengan cara menyediakan inkubator usaha sebagai wadah penampungan ide bisnis. 

Pada aspek eksternal, Fakultas Psikologi akan membina hubungan baik dengan berbagai komunitas nasional dan internasional, melibatkan mentor dari luar kampus, serta melibatkan mitra korporasi, mitra organisasi, dan lembaga donor untuk melakukan pengembangan kewirausahaan.

Hal lain yang ditekankan Bagus dalam upaya mendukung UI sebagai entrepreneurial university adalah tentang branding. 

“Dengan branding yang baik, konsep pendidikan di fakultas akan menjadi lebih nyata, dan menjanjikan kualitas pengalaman yang baik dan dianggap kompeten,” papar Bagus.

Bagus Takwin lahir di Bandung, 31 Agustus 1970. Pendidikan jenjang S1 dan S3 diselesaikannya di Fakultas Psikologi UI. Ia kemudian melanjutkan ke Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI dengan mengambil peminatan program studi Filsafat.

Bagus telah mengeluarkan 13 buku, diantaranya adalah Filsafat Timur, Akar-akar Ideologi, Kesadaran Plural, Psikologi Naratif: Membaca Manusia Sebagai Kisah

Bersama Niniek L. Karim dan Hamdi Muluk, ia pernah menerbitkan buku analisis kepribadian mantan presiden Soeharto berjudul Soeharto: Perpaduan Kecerdasan dan Masa Lalu yang Liat. Buku tentang Soeharto tersebut ditulis berdasarkan hasil penelitian psikologi yang mendapatkan pernghargaan sebagai penelitian sosial terbaik di UI pada tahun 2001.

Tulisan-tulisannya berkisar pada topik-topik psikologi, filsafat, seni, dan kebudayaan dan sering dimuat di beberapa media massa seperti Kompas, Media Indonesia, Suara Pembaruan, Koran Tempo dan Majalah Tempo. (Bhakti)

Read Next