logo

Sekolah Kita

Belajar Bahasa Inggris Saat Libur, UNY Hadirkan English For Holidays

Belajar Bahasa Inggris Saat Libur, UNY Hadirkan English For Holidays
Peserta English For Holidays (EFH) akan diajak berkeliling Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mengeksplorasi fasilitas yang ada, seperti Museum Pendidikan Indonesia, Taman Olahraga Masyarakat, Kembara UNY dan sebagainya. EFH merupakan salah program tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (PBI FBSB) UNY yang menawarkan pembelajaran Bahasa Inggris selama libur sekolah. (EDUWARA/Dok. UNY)
Setyono, Sekolah Kita26 Mei, 2023 21:21 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta (PBI FBSB UNY) menawarkan pembelajaran Bahasa Inggris selama libur sekolah bertajuk English For Holidays (EFH).

Tahun ini, EFH mengangkat tema Intercultural Community dengan tujuan untuk menciptakan keselarasan dan kebersamaan antar budaya dengan slogan 'One for All, All for One'.

Ketua Panitia EFH 2023 Ihtiara Fitrianingsih, mengatakan EFH merupakan salah program tahunan yang diselenggarakan oleh PBI FBSB UNY yang menawarkan aktivitas dan lingkungan bernuansa Bahasa Inggris, yang dipadukan dengan keceriaan dan kebersamaan. 

Selama kegiatan berlangsung, para peserta, khususnya anak-anak dan remaja, akan diajak mengasah talenta berberbahasa Inggris. Sebab, tujuan EFH secara umum adalah berupaya meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris melalui pengalaman menyenangkan dengan mengintegrasikan lagu, permainan, cerita yang diwujudkan dalam kegiatan seru bagi seluruh peserta.

"Kami juga berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris yang mencakup empat keterampilan, yakni mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Sekaligus meningkatkan kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi antar budaya," jelas Ihtiara, Jumat (26/5/2023).

EFH dijadwalkan akan berlangsung mulai Senin 26 Juni 2023 hingga Jumat 7 Juli 2023 di FBSB UNY, Karangmalang, Sleman.

"Tahun ini perbedaannya, EFH tidak hanya pembelajaran di kelas namun juga ada aktivitas outdoor yang jauh lebih menyenangkan" jelas Ihtiara.

Grand Campus Tour

Kegiatan yang akan diikuti peserta cukup menarik, di antaranya classroom activity, grand campus tour, culinary day serta Fun Games around the World. Pada classroom activity peserta akan mengikuti pembelajaran di dalam kelas bersama para teachers

“Teachers-nya sendiri merupakan mahasiswa semester akhir yang mengambil konsentrasi English for Children (EFC) pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNY,” jelas Ihtiara.

Grand Campus Tour merupakan agenda keliling area UNY yang disertai dengan kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris bagi peserta. Kegiatan pembelajaran ini meliputi observasi, wawancara, dan outdoor games.

Di Culinary Day, peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk mewakili berbagai negara yang berbeda dan membuat makanan sesuai dengan makanan khas negara yang diwakilinya.

Peserta EFH tidak hanya diajari Bahasa Inggris di kelas namun juga diberi kesempatan mempraktikkan kemampuannya di sekitar kampus UNY berbarengan dengan agenda Grand Campus Tour.

Peserta juga diajak berkeliling UNY mengeksplorasi fasilitas yang ada, seperti Museum Pendidikan Indonesia, Taman Olahraga Masyarakat, Kembara UNY dan sebagainya. 

Read Next