logo

Sekolah Kita

Bersama UMM, RBC Institut Abdul Malik Fadjar Kenalkan Olahan Kopi kepada Siswa

Bersama UMM, RBC Institut Abdul Malik Fadjar Kenalkan Olahan Kopi kepada Siswa
Kegiatan RBC Abdul Malik Fadjar bersama dengan UMM di SMP Muhammadiyah 06 Dau Kabupaten Malang, beberapa waktu lalu. (EDUWARA/Istimewa)
Fathul Muin, Sekolah Kita12 Februari, 2022 01:22 WIB

Eduwara.com, MALANG -- Rumah Baca Cerdas (RBC) Institute Abdul Malik Fadjar bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendiseminasikan berbagai hal tentang olahan kopi kepada siswa untuk memberikan wawasan terkait dengan tanaman tersebut.

Tim RBC Institut Abdul Malik Fadjar, Muhammad Farros Imaroh, mengatakan sasaran sosialisasi tentang olahan kopi, di antaranya adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 06 Dau Kabupaten Malang. Saat kegiatan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, tim RBC Institut Abdul Malik Fajar membawa mobil Kamis Membaca (KaCa) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Dengan mobil tersebut, kata Farros, selain menyuguhkan buku lewat perpustakaan keliling yang ada di mobil KaCa, tim RBC Institut Abdul Malik Fajar juga mengenalkan berbagai jenis olahan kopi, dan eksperimen pasta gigi gajah. Tiga suguhan tersebut disambut antusiasme dan keingintahuan para siswa yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Indonesia memang memiliki beragam jenis kopi. Hal itu dirasa sangat menarik, apalagi dengan banyaknya coffee shop yang menjamur di Malang Raya. Para siswa juga diajak untuk membuat kopi secara langsung dengan teknik-teknik tertentu. Kemudian mencicipi kopi hasil buatannya bersama-sama," katanya, Jumat (11/2/2022).

Dengan memahami jenis-jenis kopi, kata Farros, maka para siswa diharapkan bisa melakukan kegiatan lanjutan seperti kewirausahaan atau juga penelitian terkait kopi itu sendiri.

Anggota Tim RBC Institut Abdul Malik Fajar lainnya, Dwi Putri Ayu Wardani, dalam kegiatan tersebut mengenalkan eksperimen pasta gigi gajah kepada para siswa. Adapun nama pasta gigi gajah diambil dari hasil reaksi yang menyerupai pasta gigi. Begitupun dengan kemasannya yang berukuran jumbo. 

"Busa yang dihasilkan cukup unik karena gelembung busa kecil memiliki kandungan oksigen. Adapun bahan ragi kering berperan sebagai katalis sebagai pemecah rantai oksigen dari hidrogen peroksida. Reaksi cepat yang terjadi mengakibatkan adanya banyak gelembung," kata Ayu, panggilan akrabnya.

Ayu mengatakan bahwa para pelajar terlihat antusias menyambut kedatangan mobil KaCa UMM. Mereka mengikuti rangkaian agenda dengan menerapkan protokol kesehatan ketat demi menekan angka penularan Covid-19. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan dua kali dalam sebulan dengan mengunjungi berbagai sekolah yang ada di Malang maupun luar daerah. 

“Tidak hanya menyuguhkan layanan perpustakaan keliling, tim RBC Abdul Malik Fajar juga mengadakan aktivitas menarik untuk meningkatkan keingintahuan dan minat baca masyarakat,” katanya.

Ketua Tim RBC Institut Abdul Malik Fajar, Maharina Novia Zahro, mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu mengenalkan RBC Abdul Malik Fajar yang berlokasi di Perumahan Permata Jingga Malang. RBC Institut Abdul Malik Fajar dapat dikunjungi seluruh lapisan masyarakat dan tersedia beragam buku bacaan yang dapat dibaca.

"Semoga upaya-upaya kami ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya anak-anak. Paling tidak bisa meningkatkan minat baca yang nantinya juga berakibat pada naiknya literasi mereka. Tentu kami juga akan terus menyediakan buku-buku berkualitas yang menambah ilmu dan wawasan," ucapnya.

Read Next