logo

Kampus

Bersiap Jadi PTN-BH pada 2023, UNY Beri Apresiasi Para Mitra Kerja Sama

Bersiap Jadi PTN-BH pada 2023, UNY Beri Apresiasi Para Mitra Kerja Sama
UNY menyelenggarakan 'UNY Network Awards' sebagai bentuk pemberian apresiasi pada mitra kerja dan persiapan menjadi PTN-BH pada 2023, Rabu (25/5/2022). (UNY)
Setyono, Kampus25 Mei, 2022 16:59 WIB

Eduwara.com, JOGJA—Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan UNY Network Awards sebagai bentuk pemberian apresiasi terhadap seluruh mitra kerja yang mendukung keberlangsungan dunia akademisi. Ajang ini juga sebagai persiapan UNY menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) pada 2023.

Berlangsung pada Rabu (25/5/2022), pemberian anugerah kepada mitra ini ini dilaksanakan di Performance Hall Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY.

Rektor UNY Sumaryanto mengatakan pihaknya saat ini terus berbenah diri dan melakukan konsolidasi di semua lini untuk menyongsong perubahan status kelembagaan menjadi PTN-BH.

"Dengan status sebagai PTN-BH, UNY terus berupaya melakukan transformasi kelembagaan dan keilmuan, kemandirian finansial, dan pemantapan budaya penelitian," terangnya.

Upaya lain yang juga dilakukan adalah meningkatkan program kerja sama, rekognisi dosen, peningkatan pembelajaran berbasis riset dan PPM, dan peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Upaya-upaya tersebut tentu saja tidak dapat dilakukan oleh UNY tanpa bekerjasama dan bersinergi dengan pihak lain. Oleh karena itulah, kerja sama dan sinergi dengan berbagai pihak menjadi sebuah keharusan," ucap Sumaryanto.

Agar berhasil optimal, berbagai upaya ini dilakukan dengan menerapkan prinsip pentahelix, kerjasama multipihak. UNY kedepan terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan jalinan kerja sama dengan instansi pemerintah, dunia usaha dan dunia industri, masyarakat dan komunitas, dan media massa.

"UNY Network Awards 2022, merupakan upaya nyata UNY untuk menjaga komitmen sinergi dan kerja sama tersebut. Harapannya, kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkelanjutan pada waktu-waktu yang akan datang sebagai wujud komitmen UNY bersama-sama seluruh mitra, dalam membangun dan mengembangkan peradaban bangsa," terangnya.

Harapannya kegiatan ini dapat mempererat jejaring dan meningkatkan program kerjasama, serta meningkatkan income generating setelah UNY menjadi PTN Badan Hukum.

Di sambutannya, Duta Besar Republik Rakyat China dan Mongolia Djauhari Oratmangun sebagai salah satu mitra KBRI UNY memaparkan potensi kerjasama antara RI dengan RRC dalam bidang pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi masih terbuka luas.

"Ditambah dengan program kampus merdeka yang memperluas lingkup Kerjasama dengan pengembangan sumber daya manusia dan kolaborasi antara UNY dengan perguruan tinggi terbaik di China menuju world class university," paparnya.

Dalam penganugerahan ini juga diundang secara daring kemitraan dari luar negeri seperti KBRI, KJRI, Sekolah Indonesia dan industri luar negeri, bahkan juga perguruan tinggi.

Beberapa kategori yang digelar diantaranya UNY Award Kampus Merdeka, Mitra Kerjasama UNY baik dari pihak eksternal maupun internal, termasuk anugerah pengelolaan laman, media sosial, majalah, insan humas terpopuler, pengiriman press release terbanyak, media pemuat berita terbanyak serta wartawan teraktif peliputan di UNY.

Pada kesempatan ini pula diselenggarakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara UNY dengan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) yang dilakukan Plt Bapeten Sugeng Subarjo dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY, Siswantoyo.

Read Next